JAKARTA – Warganet dihebohkan dengan beredarnya video seorang wanita menggunakan pakaian ihram pria saat melaksanakan ibadah umrah di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi.

Dikutip dari detik.com, dalam video yang beredar terlihat jamaah umrah perempuan yang tengah berada di depan Kakbah itu rambutnya pendek, berkaca mata, memakai masker, bahunya terbuka dan tidak mamakai hijab.

Selain di depan Kakbah, juga beredar video yang menunjukkan wanita itu berjalan di area Masjidil Haram.

Aksi tak pantas wanita tersebut dikecam para pengguna media sosial.

''Kok bisa, rombongan dia ga ada yang negur. Pemimpin jemaahnya ke mana,'' cuit salah satu akun.

''Bukannya ada auto azab ya?'' cuit warganet lainnya.

''Perbuatan bodoh, egois, dan tidak menghargai,'' timpal yang lain.

Warganet Malaysia berhasil menguak identitas perempuan tersebut. Ada akun yang mengunggah surat izin mengemudi (SIM) perempuan itu.

Dalam SIM itu tercantum nama Nur Syazwani Binti Mohamad Resad. Dia disebut-sebut berumrah dengan baju ihram laki-laki untuk membuktikan bahwa dia laki-laki kepada sejumlah pihak yang meragukannya.

Warganet menilai Nur telah melecehkan agama Islam di tanah suci dan mempertanyakan maksud perempuan itu.

Menteri Departemen Perdana Menteri (Urusan Agama) Malaysia Datuk Idris Ahmad berjanji akan menindak tegas perempuan tersebut.

''Saya prihatin dengan tuduhan yang telah menyebar yang melaporkan seorang wanita melakukan umrah, tetapi mengenakan ihram seorang pria. Masalah ini menyangkut hukum agama. Tindakan tegas akan diambil,'' ujarnya.

Datuk Idris juga sudah menghubungi Kementerian Dalam Negeri (KDN). Dia meminta KDN untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut atas kedatangan orang tersebut di Malaysia nanti.

''Saya juga telah menghubungi MOTAC (Kementerian Pariwisata Seni dan Budaya Malaysia) untuk memastikan bahwa jika ini benar, tindakan tegas juga akan diberikan kepada agensi yang mengurusi individu tersebut,'' ujarnya.***