JAKARTA - Dalam rapat dengan cabang olahraga  (cabor)yang dipertandingkan pada SEA Games Filipina 2019, Jumat, 20 September 2019, Tim Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia telah mencatat 589 atlet dari 40 cabang olahraga yang diusulkan memperkuat Kontingen Merah Putih pada pesta olahraga dua tahunan negara-negara Asia Tenggara itu,

"Kita sudah mencatat 589 atlet dari 40 cabor yang diusulkan untuk memperkuat Kontingen Indonesia di SEA Games Filipina 2019. Itu hanya jumlah atlet dan belum termasuk jumlah offisial," kata CdM Kontingen Indonesia untuk SEA Games Filipina 2019, Harry Warga Negara.

Menurut Harry Warga Negara, ada peningkatan cabor yang diusulkan akan diberangkatkan ke SEA Games Filipina 2019. "Semula hanya 36 cabor tetapi ada 4 cabor tambahan yang diusulkan dalam rapat," jelas Harry Warga Negara.

Ke-36 cabor yang sebelumnya tercatat yakni Bulutangkis, Catur, Dancesport, Ice skating, Kickboxing, Kurash, Pencak Silat, Sepaktakraw, Angkat Besi, Jujitsu, Taekwondo, Rugby 7, Petanque, Angkat Berat, Muaythai, Anggar, Handball, Hoki Indoor, Floorball, Polo, Tenis Meja, Squash, Rowing, Golf, Ice Hockey, Wakeboarding, Sailing,, Volleyball Indoor, Karate, Skateboarding, Tenis, Sambo, Wushu, Tinju, Soft Tennis, dan Atletik. Sedangkan mpat abor tambahan adalah Modern Pentathlon, Gulat, Bowling, dan Surfing.

Meski sudah tercatat 589 atlet yang diusulkan, kata Harry Warga Negara, itu belum final karena masih ada dua kali pertemuan lagi dengan cabor untuk membahasnya.

"Final jumlah atlet dan cabor yang akan memperkuat Kontingen Indonesia akan diputruskan dalam pertemuan dengan cabor tanggal 23 September dan 26 September mendatang. Setelah itu, kita langsung daftarkan ke Philipina SEA Games Olympic Committe (PHIGOC) yang menetapkan entry form by name tanggal 30 September 2019," tegasnya.

Setelah ada keputusan final jumlah atlet yang akan memperkuat kontingen Indonesia, kata Harry Warga Negara, pihaknya akan menyusun anggaran yang akan diusulkan kepada pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

SEA Games XXX yang digelar 31 November hingga 12 Desember akan digelar di tiga kota yakni Metro Manila, Subic dan Clark.

Berikut Tempat Pertandingan dan cabang olahraga yang dipertandingkan :

Subic Cluster

- Kamana Resort : Canoe/Kayak, TBR Dragon Boat - Rialto Function Room : Catur - Subic Bay Exhibition & Convention Centre : Muay Thai, Pencak Silat, Tenis Meja- Subic Bay (Boardwalk Building 229 Areal) : Triathlon, Duathlon, Aquatic (renang) - Sunic Bay Yacht Club : Layar - Lighthouse Hotel Area : Wind Surfing - Subic Gym : Sepak Takraw - Subic Tennis Courts : Handball Pantai, Voli Pantai - Iriboa Bay : Rowing

Clark Cluster

- New Clark City : Atletik, Aquatik (Selam, Renang, Polo Air)- Clark Global City - Obstacle Course Sport, Pentaque, Lawn Bowls - Parade Ground : Panahan, Rugby - The Village Baseball, Sofball- Royce Hotel : Dansa - Luisita : Golf - Laus Group Events Center : Arnis, Sambp, Angkat Besi DECA Wakeboard Park : Wakeboarding

Metro Manila

- Makati Coliseum : Bulutangkis - Filinvest Gameworx : Bowling (Tem-pin)- MOA Arena : Basketball (5X5)- FilOil Flying V Center (San Juan) : Basketball (3X3), Esports- PICC Forum : Tinju - Manila Hotel Tent : Biliar - Roval Memorial Sport Complex : Sepakbola (putra), Seman (artistik, Rytmik, arobic), Soft Tenis, Tenis, Squash - SM MOA - Ice Hockey - SM Megamall : Ice Skating (figure Skating, Speed Skating)- World Trade Center : Wushu, Karate, Anggar - PhilSports Arna : Bolavoli (Indoor)- Cuneta Astrodome : Kick Boxing - Rizal Memorial Sports Complex-Ninoy Aquino Stadium : Angkat Berat dan Taekwondo. ***