TELUKKUANTAN - Ditengah pandemi Covid-19 yang masih mewabah, Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Andi Putra menyampaikan imbauan pentingnya protokol kesehatan (Prokes) kepada seluruh masyarakat pada perayaan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban 1442 H tahun ini.

"Kita sekarang masih dihadapkan dengan wabah Covid-19. Dan saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kuansing agar mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dimanapun. Terutama pada perayaan Idul Adha ini," imbau Andi Putra, Senin (19/7/2021).

Apalagi, di Hari Raya Idul Adha ini akan dilaksanakan pemotongan hewan kurban di tengah masyarakat, maka Andi Putra juga mengimbau agar masyarakat menghindari kerumunan. Dan diharapkan semua pihak terkait bisa mengatur tata cara pendistribusian daging kurban tersebut.

"Ini kami ingatkan kepada Satgas Covid, dan OPD terkait agar memantau kegiatan pemotongan hewan kurban di seluruh wilayah Kuansing. Karena ini akan terjadi kerumunan. Maka perlu diawasi ketat," diingatkannya.

Karena itu, seluruh stakeholder di daerah hingga pedesaan harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam penyaluran daging kurban ini.

Dan sebagai garda terdepan dalam antisipasi penanganan Covid, orang nomor satu di Kuansing itu menekankan pentingnya peran camat beserta Upika, kepala desa dan jajaran serta para pengurus mesjid atau panitia kurban agar pro aktif dalam mengawasi dan menerapkan prokes.

"Karena kita tidak menginginkan adanya klaster Covid dari kegiatan pemotongan hewan kurban ini. Tentu kepada para camat, kepala desa, pengurus mesjid dan panitia kurban agar menerapkan prokes dalam kegiatan ini. Agar tidak timbul klaster karena kegiatan kurban," demikian ditegaskan Andi Putra.***