PANGKALAN KERINCI -Sebanyak 51 peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Pelalawan, Riau, dinyatakan gugur. Penyebabnya tak hadir saat tes seleksi kompetensi dasar (SKD).

Calon CPNS tahun 2021 ini, tidak hadir pada ujian SKD di hari ketiga, Kamis (14/10/2021) lalu. Peserta yang tidak datang langsung dinyatakan gugur.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pelalawan, Fakhturozi mengatakan, total 51 orang tak hadir dari empat sesi ujian yang digelar.

Setiap sesinya diikuti sebanyak 50 peserta, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh panitia.

"Untu hari ketiga ada 51 orang yang tidak hadir dan memang trennya seperti itu tahun ini. Banyak yang tak hadir. Kita tidak tahu apa masalahnya," ujar Fakhrurozi.

Menurutnya, hingga saat ini belum ada kendala yang berarti dalam proses pelaksanaan ujian SKD di Kabupaten Pelalawan.

Ujian menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang diawasi langsung oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). "Tes akan berlangsung sampai tanggal 20 Oktober mendatang yang seharusnya diikuti 1.505 peserta," sebutnya.

Lanjut Fakhrurozi, seorang peserta merupakan penyandang disabilitas langsung lolos SKD dipastikan masuk sebagai peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKD).

Peserta tersebut melamar formasi umum yakni Pranata Komputer D3 di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pelalawan. Hasil ujian dari peserta ini melewati passing grade.

"Hanya dia sendiri melamar formasi itu dan nilai SKD yang bersangkutan lewat passing grade. Artinya langsung lolos ke SKB nanti," tandasnya, Jumat (15/10/2021).***