PEKANBARU – Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah di hari ke-2 dimanfaatkan ratusan masyarakat di Pelalawan untuk ziarah ke makam Syech H Muhammad Syafi'i yang berasa di Desa Tambak, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Selasa (3/5/2022) siang.

“Ini memang tradisi kami. Setiap lebaran kami datang ke kuburan buya atau guru untuk membacakan Yasin,” kata salah satu warga di Langgam, bernama Okma Deni kepada GoRiau.

Deni menjelaskan, hari ini ada ratusan masyarakat dari Desa Gading Permai Kampari Kiti, Desa Sungai Bungo Kampar Kiri, Desa Rantau Baru, Desa Satol, dan Langgam, yang datang ziarah ke Makam Syech H Muhammad Syafi'i.

“Kami para jemaah peziarah datang ke rumah siaompu (rumah godang) terlebih dahulu sebelum menuju ke makam syech H Muhammad Syafi'i. Acara di rumah godangnya ada sesambutan dari beberapa petinggi adat di Desa Tambak, setelahnya baru ke Makam,” jelas Deni.

Kemudian setelah dari makam, para penziarah akan shalat zuhur, dan mendengarkan ceramah agama.

“Setelah kegiatan itu, kemudian kami makan bersama. Jadi warga Desa Tambak membawa jambar ke masjid untuk makan bersama,” tutup Deni. ***