BANGKINANG - Hari ini, Selasa (5/5/2020) tidak ada pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kampar. Data terakhir tiga orang yang positif sudah dinyatakan sembuh.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kampar, Dedy Sambudi mengatakan, ketiga pasien positif Covid-29, yaitu HN (38) warga Kecamatan Bangkinang, S (42) dan IRD (23) warga Kecamatan Siak, dan kini sudah sembuh.

"IRD merupakan anak kandung dari pasien positif 02 berinisial S (42) yang juga telah dinyatakan sembuh sejak Sabtu (2/5/2020) lalu. Pasien 03, IRD sebelumnya diisolasi di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru juga sudah dinyatakan sembuh," terang Dedy.

Dengan sembuhnya seluruhnya pasien positif, kata Dedy, maka Kabupaten Kampar mulai hari ini mencanangkan zero pasien positif Covid-19 atau tidak ada lagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Kampar.

Dedy yang juga Kadiskes Kampar menyampaikan, kabar baik itu membuat Pemkab Kampar makin optimis bisa mengatasi wabah pandemi Covid-19, dengan kekuatan yang dimiliki dan kerjasama seluruh stakeholder yang saling bahu membahu.

Untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19, Dedy mengimbau, agar masyarakat tidak melakukan mudik. Masyarakat juga diimbau agar mematuhi imbauan dan protokoler kesehatan. Dia juga mengingatkan masyarakat agar tetap beribadah di rumah.

Dalam kesempatan ini Dedy Sambudi juga menyampaikan rasa empati atas penetapan pasien dalam pengawasan terhadap salah seorang wartawan yang juga merupakan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar yang kini telah diisolasi di salah satu rumah sakit swasta di Pekanbaru.

Update Covid-19 Kabupaten Kampar hingga hari ini Selasa 5 Mei 2020 pukul 08.00 WIB disampaikan bahwa orang dalam pemantauan (ODP) dalam pantauan maupun pasien dalam pengawasan (PDP) telah turun dibandingkan hari sebelumnya.

652 ODP masih dalam proses pantauan. 4.637 orang ODP selesai pemantauan dan total ODP sebanyak 5.289 orang.

Sementara data pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 27 orang PDP masih dirawat, 53 orang pulang dan sehat, 15 orang meninggal dunia. Total PDP sebanyak 95 orang. ***