PEKANBARU, GORIAU.COM - Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru secara resmi melantik pimpinan DPRD Riau definitif dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Riau dalam Rangka Peresmian Pengangkatan DPRD Riau Masa Jabatan 2014-2019 di Gedung Paripurna DPRD Riau, Senin (13/10/2014).

H Suparman dilantik sebagai Ketua DPRD Riau masa jabatan baru. Sementara untuk wakil, hanya satu yang dilantik, yakni H Sunaryo dari Partai Amanat Nasional (PAN). Sementara Ma'mun Solikhin (PDI Perjuangan) yang sebelumnya diusulkan batal dilantik.

Karena diduga adanya konflik internal partai yang memutuskan untuk mengganti calon pimpinan dari PDI Perjuangan. "Untuk itu, akan dibahas di rapat paripurna selanjutnya," kata Ketua DPRD Riau, H Suparman.

Kemudian satu calon pimpinan DPRD Riau adalah dari Partai Demokrat. Dimana sejauh ini belum ada usulan dari partai yang disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). "Itu juga akan dibahas di paripurna selanjutnya," ulang Suparman.

Untuk itu, katanya, hanya dua nama saja yang disampaikan ke Kemendagri, yakni dirinya dari Partai Golkar, dan Sunaryo dari PAN. Dua unsur pimpinan tersebut dilantik berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Dalam Negeri Nomor 161.14-3816 Tahun 2014.

Setelah dilantik, Suparman menyampaikan program dan pengawasan prioritas yang akan dilakukannya bersama jajaran. Dimana membantu untuk mempercepat realisasi APBD Riau Tahun 2014. Dimana hingga saat ini dinilai masih sangat rendah.

"Kita perlu menggesa realisasi APBD Riau Tahun 2014, dimana saat ini baru sekitar 40 persen lebih. Sementara waktu yang tersisa sangat sempit, yakni lebih kurang 3 bulan lagi," papar Suparman.***