PEKANBARU – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Yuliarso mengatakan belum mendapatkan arahan dari pimpinan untuk menutup kegiatan Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) yang digelar setiap minggu.

Hal itu menanggapi meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru. Dimana, lokasi keramaian kembali berpotensi dan rawan menjadi sarana penularan Covid-19.

"Belum ada kebijakan untuk menutup CFD," ujarnya, Selasa (16/8/2022).

Ia menjelaskan, setelah sempat ditutup selama sekitar 2 tahun akibat pandemi Covid-19, kegiatan CFD kembali di buka tahun ini dengan berbagai pertimbangan. Untuk menutup kembali, Pemko Pekanbaru juga akan kembali mempertimbangkan dari berbagai sisi, termasuk kesehatan, olahraga dan ekonomi.

Meskipun demikian, menurutnya Dishub Pekanbaru melakukan antisipasi dengan mengurai penumpukan massa di titik-titik keramaian CFD. Pihaknya juga akan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan event di CFD, agar titik keramaian dapat diurai.

"Kita coba antisipasi dengan mengurai konsentrasi massa, sehingga tidak terjadi kontak yang begitu masif antara pengunjung. Kita juga koordinasi dengan Satpol PP, dinas perhubungan, Disperindag, Kesbangpol, kita selalu koordinasi untuk memaksimalkan pengawasan di lapangan," pungkasnya. ***