PEKANBARU, GORIAU.COM - Kontingen atletik Jawa Tengah sukses meraih satu medali emas pada awal pertandingan Pekan Paraliympic nasional (Peparnas) XVI 2012 di nomor 1500 meter kelas T53 kecacatan wheelchair putri atas nama Hanik Puji Astuti dengan perolhan waktu 06.34.3 detik mengalahkan atlet asal Kalimantan Timur diposisi kedua dengan catatan waktu 06.55.1 detik atas nama Rohayati. Sedangkan diperingkat ketiga berhasil ditempati atlet Kalimantan Timut atas nama Linda Indriyani dengan catatan waktu 08.25.0 detik.

Dengan hasil tersebut tentunya membuat Hanik merasa banggga bisa mempersembahkan medali emas pertama bagi kontingen Jateng dari cabang olehraga (cabor) atletik. "saat ini merasa senang, bangga, bercampur semuanya. Dan yang pasti bangga bisa menyumbangan medali emas apalagi ini emas pertama untuk kontingen Jawa tengah. Tentunya hasil latihan selama ini tidak sia-sia," sebutnya gembira, saat dijumpai tim Media Center Rumbai, senin (8/10/2012) di venue atletik, Sport Center Rumbai.

Pelajar yang masih menempati bangku kelas dua SMP di Solo ini termasuk atlet Paraliympian baru.Namun, prestasinya cukup baik setidaknya pada Pekan Olahraga Cacat Nasional (Popcanas) Oktober 2011 lalu Hanik berhasil membawa pulang satu medali emas.

Perempuan kelahiran, Jogja 22 Desember 1996 ini berharap kedepan prestasinya tetap bisa dipertahankan dan selalu menjadi yang terbaik dan menyumbangkan medali emas bagi Jawa Tengah untuk mencapai target Juara.

"Saya berharap kedepan bisa menjadi lebih baik lagi dan kembali meraih prestasi. Saya juga berharap pada peparnas kali Provinsi Jateng bisa kembali mempertahankan juara umum," harapnya.

Seperti diketahui kontingen Jateng berhasil meraih Juara umum pada peparnas ke-13 2008 di Kalimantan Timur dengan berhasil mengumpulkan medali emas sebanyak 63 medali.

Hal yang tak jauh berbeda juga disampaikan pelatih atletik Jateng Pajudi. pajudi merasa senah dengan prestasi yang berhasil ditorehkan oleh atletnya tersebut.

"Yang pasti kita senang bisa meraih medali ini artinya latihan yang kita jalani selama ini membuahkan hasil yang cukup baik. Dan hasil ini merupakan awal mula yang baik untuk Jateng. Karena kita ditargetkan mempuh meraih 50 medali emas di cabang olahraga atletik ini," ujarnya.

Awin Ikuti Jejak Hanik

Ternyata jejak keberhasilan Hanik Puji Astuti diikuti oleh atlet atletik Jateng lainya yang tentunya menambah koleksi medali emas untuk Jateng. Medali emas tersebut berasil dikantongi oleh Awin Listiyowati dinomor lomba 1500 meter kelas T54 dengan catatan waktu 05.31.7 diikuti Sri Juarsih atlet asal Jateng dengan catatan waktu 06.15.7. sedangkan diperingkat ke tiga berhasil diraih Mulyani atlet putri aslak Kalimantan Selatan. (nti/rsc)