PEKANBARU - Islamic Center Pasir Pangaraian selama ini menjadi kebanggaan masyarakat Rokan Hulu karena tempat wisata religi hasil karya pembangunan masa Bupati Achmad ini berhasil menarik banyak wisatawan lokal maupun luar.

Namun, saat ini kondisi Islamic Center seolah terabaikan hingga wisatawan yang datang jauh lebih berkurang daripada biasanya, bahkan sejumlah tokoh agama juga banyak yang mengeluh.

Menanggapi hal ini, Bakal Calon Bupati Rokan Hulu, Hamulian Nasution mengatakan, Islamic Center Pasir Pangaraian bukan hanya menjadi kebanggaan Riau, namun juga Indonesia karena banyak wisatawan luar negeri yang tertarik pada tempat ini.

"Hari ini memang banyak saya dengar bahasa-bahasa bahwa IC kurang perhatian. Ini salah satu niat saya ingin maju di Pilkada Rohul. Jangankan membuat baru, merawat yang ada saja kita tak bisa," kata Hamulian kepada GoRiau.com, Sabtu (12/9/2020).

Adapun keluhan-keluhan yang diterima Hamulian, seperti ketersediaan air bersih hingga tempat yang tidak lagi bersih. Hal ini bahkan juga menjadi keluhan wisatawan yang berkunjung dan kabar ini tentunya sudah menyebar di luar Rohul.

Sebenarnya tidak hanya IC yang akan menjadi perhatian Hamulian di bidang agama, namun juga keberlangsungan masjid-masjid suluk. Hamulian bahkan berjanji akan memberi pendidikan gratis bagi anak-anak keturunan suluk.

"Supaya keberlangsungan surau suluk ini lebih baik kedepannya, kita akan gratiskan mereka yang mau bersekolah tinggi, supaya mereka bisa jadi pendakwah Islam. Saya pribadi itu janji saya, agama harus diutamakan," tegasnya.

Sebagai informasi, masjid-masjid suluk dikelola secara turun temurun, sayangnya banyak anak keturunan pengurus masjid suluk yang tidak mendapatkan pendidikan agama semestinya.

Sementara itu, Bakal Calon Wakil Bupati Rohul, Syahril Topan mengungkapkan hal yang sama. Menurut Topan yang juga Wakil Ketua DPRD Riau ini, Rohul sudah punya Perda Negeri Seribu Suluk. Artinya, program-program keagamaan seharusnya bisa lebih baik daripada kabupaten lainnya 

"Banyak yang melapor sama saya, masjid cantik kok air susah? Sementara kita tahu tidak sedikit anggaran yang dipakai untuk membangun (IC) itu, ratusan milyar. Sementara sekarang terabaikan. Ini jangankan rakyat, Tuhan pun akan marah kalau tempat ibadah tak diperhatikan," tegas Politisi PAN ini.

"Kami dengan Pak Hamulian ini memang konsentrasi di masjid walaupun secara pribadi dia pengusaha, tapi dia menaruh perhatian untuk masjid. Walau bagaimanapun IC adalah tempat berkumpul orang-orang suluk. 

"Itu adalah icon Rohul, dan dengan doa-doa orang disana kita akan diberikan keselamatan oleh Allah," tutupnya.***