JAKARTA - Timas Arab Saudi berhasil membuat kejutan di pertandingan pertama grup C Piala Dunia 2022. Berhadapan dengan salah satu unggulan juara, Argentina, wakil Asia itu berhasil menang dengan skor 2-1.

Timnas Argentina unggul lebih dahulu lewat penalti Lionel Messi di awal babak pertama. Di awal babak kedua, Arab Saudi berhasil membalikkan kedudukan berkat gol Saleh Al-Shehri dan Salem Al-Dawsari.

Berkat kemenangan ini, Arab Saudi memuncaki klasemen sementara grup C Piala Dunia 2022. Sementara Argentina harus menempati dasar klasemen grup C.

Timnas Argentina mengawali laga dengan apik. Tim Tango langsung tampil menghentak, di mana baru beberapa menit laga berjalan, Lionel Messi memaksa Mohammed Al-Owais, kiper Arab Saudi untuk membuat penyelamatan spektakuler untuk menggagalkan tembakan mendatarnya.

Di menit kedelapan, Argentina mendapatkan hadiah penalti. Wasit memeriksa VAR setelah Leandro Paredes terlihat dijatuhkan barisan pertahanan Arab Saudi. Lionel Messi yang menjadi algojo melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga Argentina unggul 1-0 atas Arab Saudi.

Gol itu membuat Argentina semakin pede untuk menyerang. Di menit ke-20, Lionel Messi sukses mencetak gol keduanya di laga ini. Namun sayang wasit tidak mengesahkan gol itu karena sang penyerang sudah berada dalam posisi offside.

Pendukung Argentina bersorak girang di menit ke-27 setelah umpan terobosan Alejandro Gomez berhasil diselesaikan dengan manis oleh Lautaro Martinez. Sang striker yang sudah melakukan selebrasi tiba-tiba tertunduk lesu setelah VAR membatalkan gol itu, karena tangannya sudah berada di posisi offside.

Beberapa menit berselang, Martinez kembali membobol gawang Arab Saudi. Namun kali ini sang striker sudah berada dalam posisi offside yang jelas sehingga gol tersebut tidak sah.

Di sisa babak pertama, Argentina mencoba untuk menambah keunggulan mereka. Sementara Arab Saudi kesulitan untuk membuat peluang yang bagus sehingga skor 1-0 bertahan setelah babak pertama selesai.

Tertinggal 1-0, Pelatih Herve Renard membuat satu pergantian pemain di jeda pertandingan. Salman Al-Faraj ditarik keluar dan digantikan Sultan Alganham.

Di awal babak kedua ini, Arab Saudi tampil beda. Mereka lebih agresif dalam menekan dan juga langsung membombardir gawang Argentina.

Benar saja, baru tiga menit babak kedua berjalan, Argentina sudah kebobolan. Adalah Saleh Al-Shehri yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor setelah ia melepaskan tembakan dari sisi kiri yang gagal dibendung Emiliano Martinez. Skor kembali imbang 1-1.

Gol itu membuat Arab Saudi semakin percaya diri dan mereka memanfaatkan momentum itu dengan baik. Empat menit berselang, giliran Salem Al-Dawsari yang menjebol gawang Argentina, di mana ia melewati adangan tiga bek La Albiceleste sebelum menceploskan bola ke gawang. Skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Arab Saudi.

Setelah gol tersebut, jalannya pertandingan menjadi semakin seru. Arab Saudi yang memasang garis pertahanan yang tinggi kerap merepotkan Argentina, sementara Argentina juga kesulitan untuk menciptakan peluang yang cukup berbahaya.

Salah satu peluang berbahaya yang berhasil diciptakan Argentina melalui tembakan jarak dekat Nicolas Tagliafico yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Arab Saudi, namun Al-Owais dengan sigap mematahkan peluang itu.

Di masa injury time, ada insiden menimpa timnas Arab Saudi. Bek mereka, Yasir Al Syahrani harus ditandu ke luar lapangan setelah ia terkena dengkul Al-Owais saat mencoba untuk menghalau umpan lambung Argentina.

Julian Alvarez nyaris menyamakan kedudukan bagi Argentina di menit-menit akhir laga melalui sundulannya, namun Al-Owais lagi-lagi jadi tokoh antagonis dan berhasil menangkap bola itu.

Argentina terus menekan, namun skor 2-1 bertahan untuk kemenangan Arab Saudi.

Susunan Pemain Kedua Tim

Argentina (4-3-3): Martinez, Tagliafico (Acuna 71'), Otamendi, Romero (Martinez 59'), Molina; Gomez (Alvarez 59'), Paredes (Fernandez 59'), De Paul; Di Maria, Lautaro, Messi

Pelatih: Lionel Scaloni

Arab Saudi (4-3-3): Al Owais; Al Shahrani, Al Bulayhli, Al Tambakti, Abdulhamid; Kanno, Al Malki, Al Faraj (Al Abed 45' (Al-Amri 89')); Al Dawsari, Al-Shehri (Alganham 78'), Albrikan (Asiri 89'). ***