JAKARTA - Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, Doni Monardo mendorong kesiapan daerah untuk produktif di fase new normal dan memanfaatkan para korban PHK sebagai sumber daya.

Data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) total terdapat 7 juta pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) karena dampak pandemi covid-19.

"Kita yakin, kalau bapak ibu kepala daerah sekalian tetap mempertahankan kepemimpinan dengan baik, maka masyarakat tidak akan terpapar covid-19 dan juga akan tidak terkapar karena PHK," tegas Doni di Jakarta, Jumat (22/5/2020).

Potensi ancaman stabilitas sosial budaya keamanan dan ekonomi, nyata selama pandemi. Kata Doni, "Jangan sampai terjadi hunggry man becomes angry man,".

Oleh karena itu, kata Doni, "mana daerah yang bersedia untuk melakukan aktivitas yang lebih luas, di bidang produktivitas masyarakat, maka dalam waktu ke depan akan kami sampaikan kepada Presiden,".

Dalam mendukung pemerintah daerah, Doni juga membentuk Liaison Officer (LO) dari pemerintah pusat sebagai pendampingan kepala daerah dalam menyelesaikan permasalahan covid-19 dan dampaknya bagi masyarakat.

"Kami akan berusaha membantu meningkatkan upaya daerah agar lebih bisa optimal memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pada tiap provinsi telah diutus sejumlah LO, mohon kiranya bapak ibu sekalian bisa berkomunikasi dengan mereka sehingga mereka akan melaporkan kepada Gugus Tugas pusat melalui direktorat yang berhubungan," kata dia.***