JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin), mendesak pemerintah memberikan perhatian serius pada Nakes (tenaga kesehatan) termasuk mencairkan bonus bagi para nakes yang meninggal dunia di mana Covid-19.

"Hak-hak Nakes agar disegerakan, tidak boleh ditahan atau ditunda. Pemerintah daerah harus segera mengeluarkan hak dan insentif mereka," kata Gus Imin dalam suatu pernyataan yang dikutip GoNEWS.co, Senin (19/7/2021).

DPR, kata Gus Imin, juga akan mendukung sepenuhnya kebijakan anggaran untuk memberikan perhatian lebih baik sebagai reward maupun jaminan keamanan dan keselamatan bagi para Nakes yang sedang berjuang di garda terdepan melawan pandemi Covid-19.

"Mereka berjuang dengan bertaruh nyawa, bersentuhan langsung dengan pasien Covid-19, sudah sepatutnya negara memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi para nakes," Ketum PKB itu.

Data Pusara Digital LaporCovid-19 per 18 Juli 2021 menyebut, jumlah Nakes yang meninggal dunia di masa pandemi telah mencapai 1.439 orang. Rinciannya, dokter sebanyak 545, bidan 226, apoteker 47, perawat 445, sanitarian 5, tenaga farmasi 3, dokter gigi 46, petugas ambulans 3, rekam radiologi 9, terapis gigi 3, epidemiolog 2, fisikawan medik 1, entomolog 1, ATLM 43, elektromedik 3, dan tenaga medis lainnya 57 orang.***