PEKANBARU - Dari 42 SMP N yang ada di Pekanbaru, hanya tiga sekolah yang telah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara mandiri, diantaranya yaitu SMP N 1 Pekanbaru, SMP N 10 Pekanbaru dan SMP N Madani. 

Menurut Kepala Sekolah SMP N 10, Raja Izda Chairani, mengatakan tahun ini merupakan tahun pertama diadakannya UNBK secara mandiri. Sebelumnya, seluruh siswa kelas tiga menumpang di salah satu SMK yang ada di Pekanbaru dalam melaksanakan ujian nasional.

"Ini tahun pertama kami mengadakan UNBK secara mandiri," kata Izda di Pekanbaru, Senin (22/4/2019).

Izda menuturkan dalam penyediaan komputer pihaknya mendapatkan dana bantuan dari Bank Riau Kepri, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta dana bos.

Ads
"Awalnya komputer hanya 20 sampai 30, namun saat ini sudah 80 komputer, yang berasal dari sumbangan Kemendikbud, Bank Riau Kepri serta Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang didapat kemudian dialirkan untuk membeli 5 unit komputer setiap tahunnya," tuturnya.

Karena nantinya ada 335 siswa yang mengikuti ujian. Dan terbagi dalam 3 kelas dengan kuota 40 unit komputer dalam satu ruangan. Tentu saja jumlah bantuan dan komputer yang dimiliki pihak sekolah tidak mencukupi.

Untuk menutupi kekurangan tersebut, pihak sekolah meminta bantuan kepada wali murid untuk meminjamkan laptopnya dalam pelaksanaan UNBK tahun ini. Hal ini pun disambut baik oleh orangtua siswa saat rapat komite dengan wali murid.

"Dan akhirnya dalam pelaksanaan UNBK ini satu ruangan yang berjumlah 40 unit laptop, itu merupakan pinjaman dari orangtua murid," tambahnya.

Izda berharap dalam pelaksanaan ujian tahun depan, tiga ruangan tersebut nantinya akan menggunakan komputer, tidak lagi laptop milik orangtua siswa.

Ditempat yang sama Walikota Pekanbaru mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang mendukung khususnya kepada orangtua yang telah meminjamkan laptop pada penyelenggaraan UNBK ini.

Diharapkan hal ini dapat dilakukan oleh sekolah-sekolah lain. Dan untuk dua tahun kedepan seluruh sekolah yang ada di Pekanbaru akan melaksanakan UNBK secara mandiri.

"Semoga dua tahun ke depan, seluruh sekolah yang ada di Pekanbaru, dapat melaksanakan UTBK mandiri, tidak lagi menumpang di sekolah lain," kata Firdaus. ***