SIAK SRI INDRAPURA - Usai melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Dayun dan Pusako, Kabupaten Siak, Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MSi, meninjau posko kesehatan penanggulangan dampak kabut asap di Gedung Tengku Maharatu Siak dan RSUD Tengku Rafian, Rabu (18/92019).

Syamsuar saat meninjau posko kesehatan Dinas Kesehatan (Diskes) Siak di Gedung Tengku Maharatu, sempat menyapa perawat dokter yang bertugas.

"Alhamdulillah Dinas Kesehatan Siak sudah menyiapkan pelayanan kesehatan, baik yang ada di sini, maupun diseluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Siak. Tempat tidur dan taman bermain anak pun ada dalam posko kesehatan di Tengku Maharatu," kata Syamsuar kepada GoRiau.com.

Syamsuar juga sempat menanyakan persediaan obat-obatan dan masker kepada Kepala Diskes Siak dr Tonny Chandra. Dirinya juga mengingatkan Diskes Siak untuk memberikan pelayanan maksimal dan gratis kepada masyarakat yang terkena dampak kabut asap.

"Kita juga harapkan petugas kesehatan yang ada di puskesmas dan rumah sakit pemerintah, serta swasta terus melakukan penyuluhan dan sosialisasi untuk mengurangi aktifitas di luar rumah, hidup sehat, dan banyak minum air putih saat kabut asap," ungkap Syamsuar.

Didampingi Bupati Siak Alfedri, Gubernur Riau pun meninjau RSUD Tengku Rafian. Rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Siak, sudah menjalankan instruksi Gubernur Riau dalam memberikan pelayanan kesehatan dampak kabut asap, seperti pengobatan gratis dan membuat posko kesehatan.

"RSUD Tengku Rafian juga sudah memberikan pelayanan kesehatan dampak kabut asap bagi masyarakat. Hingga saat ini memang belum ada yang dirawat inap karena kabut asap di Siak. Saya harapkan daerah lainnya pun lakukan hal yang sama dengan maksimal untuk masyarakat," jelas Syamsuar. ***