SIAK - Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar pada perekonomian masyarakat. Bupati dan wakil Bupati Siak yang baru saja dilantik harus serius menanggulangi masalah ini agar pemulihan ekonomi masyarakat bisa cepat diselesaikan. Caranya dengan memanfaatkan potensi yang ada di daerah masing-masing.

Hal itu ditegaskan Gubernur Riau, Drs H Syamsuar kepada Bupati Siak Alfedri dan Wakil Bupati Siak Husni Merza serta Bupati dan Wakil Bupati Rohul usai pelantikan di Balai Pelangi, kompleks Gedung Daerah Provinsi Riau Pekanbaru, sekitar pukul 09.15 WIB Senin pagi (21/6/2021).

"Bupati dan Wakil Bupati Siak yang baru dilantik untuk dapat berkerja keras memajukan Kabupaten Siak, khususnya terkait upaya untuk memulihkan ekonomi masyarakat di masa pendemi Covid-19 dengan memaksimalkan potensi ekonomi dari sektor Sumberdaya Alam dan Pariwisata. Demikian juga kepada Bupati Rokan Hulu dan Wakil Bupati Rohul," kata Syamsuar.

Tidak hanya itu saat ini Provinsi Riau telah memasuki musim kering atau musim kemarau yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan yang harus diwaspadai. Untuk menghindari terjadinya bencana kabut asap, Bupati dan Wabup harus jalin komunikasi dengan semua pihak untuk melakukan upaya pencegahan.

"Bencana non alam seperti pandemi Covid-19 ini sudah sangat berdampak sekali bagi masyarakat dalam berbagai sektor. Makanya kita bersama-sama harus melakukan pencegahan agar bencana kabut asap tidak terjadi di Riau," kata Mantan Bupati Siak dua periode itu.

Bupati dan Wakil Bupati Siak juga diminta untuk merangkul seluruh kalangan masyarakat kabupaten Siak, serta berkoordinasi dengan baik dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah serta stakeholder lainnya untuk kemajuan Kabupaten Siak.

"Mari kita melangkah bersama untuk membangun Kabupaten Siak dan Provinsi Riau lebih maju, dengan mewujudkan janji-janji politik saat kampaye kemarin, terutama untuk mensejahterakan masyarakat kabupaten Siak," pintanya.

Drs. H. Alfedri, M.Si dan H. Husni Merza, BBA,MM, dilantik oleh Gubernur Riau sebagai Bupati dan Wakil Bupati Siak. Proses pelantikan berlangsung dengan standar protokol kesehatan (Prokes) ketat serta dengan jumlah undangan terbatas.

Pelantikan turut dihadiri Ketua dan Wakil Ketua DPRD Riau, anggota Forkopimda Provinsi Riau dan anggota Forkopimda Kabupaten Siak, Sekda Kabupaten Siak Arfan Usman, Mantan Bupati Siak Arwin AS, Ketua LAMR Kabupaten Siak Wan Said, para Direktur BUMD, serta sejumlah tokoh masyarakat Kabupaten Siak.

Sebelum melakukan ziarah ke makam Sultan Abdul jalil Alamuddinsyah (Marhum Bukit), dan Sultan Muhammad Ali Abdul jalil Mu’azamsyah (Marhum Pekan), Bupati Alfedri dan Wakil Bupati Husni Merza menghadiri pelantikan Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Siak, Dra. Hj. Rasidah Alfedri dan Ananda Laila Putri, SE oleh Ketua TP PKK Provinsi Riau Hj. Misnarni Syamsuar. ***