PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar serahkan uang bantuan untuk korban bencana gempa di Cianjur Jawa Barat (Jabar) sebesar Rp 533.105.000 juta.

Penyerahan uang bantuan tersebut diterima Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Riau Tengku Zul Efendi, disaksikan para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) usai acara Rakor pengendalian inflasi, di Gedung Daerah, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Senin (28/11/2022).

"Alhamdulillah, sudah terkumpul Rp533.105.000. Ini berasal dari pimpinan yang ada di Pemprov Riau, baik saya, pak Wagub, pak Sekda, OPD termasuk dari BUMD," kata Gubri.

Selanjutnya, uang tersebut akan diserahkan langsung kepada Bupati Cianjur. Dua pimpinan OPD yang langsung diperintahkan menyerahkan langsung bantuan uang tersebut Kadinsos Riau dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edy Afrizal.

"Saya sudah perintahkan Kadinsos dan Kepala BPBD yang menyerahkan langsung kepada Bupati Cianjur," ungkap Syamsuar.

Lebih lanjut Syamsuar juga berharap, uang bantuan sebesar Rp 533.105.000 juta nantinya bahkan akan ada tambahan lagi. Salah satunya berasal dari Baznar Riau. Namun berapa jumlahnya belum ditentukan.

Ada pun alasan bantuan dalam bentuk uang, sesuai arahan dari Mendagri Tito Karnavian. Karena Pemkab Cianjur sangat membutuhkan untuk belanja berbagai keperluan sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan masyarakat akibat terdampak gempa.

Sementara, biaya tak terduga yang digunakan untuk berbagai keperluan akibat bencana tinggal Rp5 miliar. Karena keterbatasan anggaran itu, Pemprov Riau pun membantu dengan uang, agar bisa dipergunakan berbagai kebutuhan di sana.

"Mudah-mudahan bisa bermanfaat, minimal bisa meringankan beban saudara-saudara kita di Cianjur," harap Syamsuar. ***