PEKANBARU, GORIAU.COM - Gubernur Riau (Gubri) M Rusli Zainal dijadwalkan akan membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu Senior 2013 di Gelanggang Remaja Pekanbaru. Kejurnas yang diikuti 157 atlet dari 21 provinsi di Indonesia itu bakal berlangsung, 28- 30 Mei 2013.

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pemprov) Wushu Indonesia (WI) Riau Firdaus ST MT didampingi Ketua Panitia Kejurnas Wushu Senior 2013 Dharmawan kepada wartawan di aula SMA Darma Yudha Pekanbaru, Senin (27/5/2013) menyebutkan, Kejurnas merupakan pemanasan menjelang kejuaran Islamic Solidarity Games (ISG) dan SEA Games, pertengahan Desember 2013 nanti.

Selain dibuka dan dihadiri Gubernur Riau, sejumlah undangan akan hadir di acara pembukaan antara lain Bapak Wushu Indonesia IGK Manila, Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Wushu Indonesia (WI) Supandi Kusuma, Jenderal Sutanto (mantan Kapolri) yang merupakan salah satu Pembina Wushu Indonesia.

Menurut Firdaus yang juga Walikota Pekanbaru, bagi masyarakat Pekanbaru yang akan menonton Kejurnas Wushu Senior tidak akan dipungut bayaran atau gratis. Pada acara pembukaannya nanti, bakal dimeriahkan atraksi-atraksi Taolu Wushu yang diperagakan oleh atlet-atlet wushu junior Riau dan PB WI.

Kejurnas Wushu Senior ini diikuti 157 atlet dari 21 provinsi di Indonesia, didampingi 42 pelatih serta 42 official. Nomor yang dipertandingkan terdiri dari Taolu dan Sanda.

Pada Kejurnas ini, Kontingen Riau akan menurunkan 9 atlet unggulan, dua di antaranya merupakan atlet yang tengah mengikuti Pelatnas untuk ISG dan SEA Games, Freddy Wijaya dan Rolando. "Kita menargetkan 2 emas dari Freddy Wijaya yang turun di kelas Taolo dan Rolando di kelas Sanda," terangnya.

Usai jumpa pers di aula SMA Darma Yudha, Ketum Pengprov WI Riau Firdaus ST MT akan melakukan penanaman bibit pohon dan meresmikan Sasana Wushu Darma Yudha. Malam hari ini akan dilakukan jamuan makan malam bagi seluruh kontingen di rumah dinas Walikota Pekanbaru. (rdi)