PEKANBARU, GORIAU.COM - Pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) biasa menggunakan alat bantu kunci T dalam menjalankan aksinya. Tapi kali ini berbeda, di Dumai, Riau pelakunya mencuri motor diangkut dengan angkot.

"Pelakunya tiga orang sudah kita bekuk. Mereka mencuri motor dengan angkutan kota. Jarang-jarang ada curanmor seperti itu," kata Kapolres Dumai, AKBP Ristiawan kepada detikcom, Senin (27/5/2013).

Ristiawan menjelaskan ketiga tersangkanya adalah, Efendi, Inarto dan Nanang. Mereka ini mencuri sepeda motor pada akhir pekan lalu. Mereka mencuri motor yang terpakir di depan klinik Center Medika, Dumai.

"Mereka melihat motor merek Honda terparkir depan klinik. Satu di antaranya turun dari angkot dan mengambil motor yang tak berkunci ganda itu. Motor disorong agak jauh, trus mereka masukan ke angkot," lata Ristiawan.

Masih menurut Ristiawan, tak lama pemilik sepeda motor baru sadar jika motornya digondol maling yang menggunakan angkot. Saat itu juga pemiliknya melapor ke polisi.

"Tim dikerahkan untuk merazia angkota. Tak lama kemudian angkot dan barang bukti sepeda motor berhasil kita amankan," kata Ristiawan.

Saat angkot tertangkap, pelaku curanmor hanya dua orang. Satu orang lagi melarikan diri. Baru hari ini, satu pelaku lainnya berhasil ditangkap.

"Kita masih mengembangkan kasus ini untuk mengungkap jaringan penampung hasil curanmo," kata Ristiawan. ***