PEKANBARU - Kantor Perwakilan (Kpw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau menggelar workshop onboarding UMKM Riau Tahun 2020 dengan tema "Memperluas Akses Pasar dengan Pemasaran Digital" bertempat di ruang public interest BI Riau, Rabu (26/2/2020).

"Peserta dalam workshop ini adalah pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Riau. Di sini mereka belajar mengenai cara mengambil gambar atau foto untuk produknya dengan metode yang sederhana namun tetap menarik dan berkualitas," kata Kepala Tim Pengembangan Ekonomi Kpw BI Provinsi Riau, Iskandar.

Selain belajar mengenai bagaimana cara mengambil gambar, kata Iskandar, para pelaku UMKM ini juga diajarkan strategi membuat caption menarik untuk meningkatkan penjualan produk UMKM di pasar digital.

"Workshop ini juga mengajarkan bagaimana UMKM bisa memanfaatkan platform market place melalui sharing dengan startup ternama, selaku penyedia platform market place nasional," kata Iskandar.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan UMKM mengenai pemanfaatan sarana digital untuk memperluas akses pasar dan pembiayaan. Oleh sebab itu, pelaksanaan kegiatan onboarding ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah UMKM yang terhubung dengan e-commerce.

"Ini merupakan bagian dari komitmen Bank Indonesia dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui penguatan strategi kebijakan pengembangan ekonomi dan keuangan digital," sebutnya.

Kegiatan workshop onboarding ini diikuti sekutar 50 orang peserta dari UMKM binaan dan mitra BI Riau yang telah eksis pada bidang usahanya minimal dua tahun.

Adapun bidang usaha UMKM tersebut antara lain kerajinan/souvenir, makanan/kuliner, kopi liberica, fashion, tenun, produk olahan sagu, komoditas klaster pangan seperti sayuran dan cabai organik, dan lainnya. ****