PEKANBARU – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Provinsi Riau terus fokus untuk melakukan pembinaan dan mencetak atlet muda, atlet-atlet panjat tebing di Riau saat ini berada di bawah naungan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau.

Ketua FPTI Riau, Yudi Muis mengatakan saat ini atlet yang dibawa program Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP).

"Memang di PPLP ini disiapkan untuk Pekan Olahraga Pelajaran Nasional (Popnas) dan juga Pekan Olahraga Wilayah (Popwil) tahun 2023," katanya kepada GoRiau.com, Jum'at (5/8/2022).

Dari itu Yudi Muis berharap hal ini juga mendapatkan perhatian dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Riau untuk mulai fokus melakukan pembinaan atlet baik melalui Training Center (TC) tetap ataupun TC berjalan.

Mengingat waktu yang terus berjalan dan juga mencetak atlet berprestasi melalui pembinaan harus membutuhkan waktu yang lama, KONI Riau harus mulai berbuat cepat agar para pemanjat tebing Riau tidak kalah dari daerah lainnya.

"Pembinaan gak bisa instan sebulan atau tiga bulan, kalau kita mau prestasi besar dan cita-cita yang tinggi harus mulai pembinaan yang panjang. Itu harapan FPTI Riau kepada KONI Riau," jelasnya.

Untuk venue panjat tebing di Riau juga masih jauh dari apa yang diharapkan, untuk berlatih para atlet pemanjat tebing Riau saat ini hanya menggunakan venue yang ada di Kecamatan Pematang Renang, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

Ini juga menjadi harapan dari FPTI Riau untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan juga KONI Riau, karena dengan lengkap dan layaknya venue serta sarana dan prasarana. Maka potensi atlet untuk meraih prestasi akan semakin terbuka lebar.

"Pusat PPLP juga disana, sarana dan prasarana juga masih meminjam dari Kabupaten Indragiri Hulu. Kalau semuanya kita minjam dengan pemerintah kabupaten kan kita gak enak juga," tuturnya.

Atlet panjat tebing asal Bumi Melayu Lancang Kuning menjadi salah satu atlet yang patut diperhitungkan oleh atlet panjat tebing dari provinsi lainnya.

Bahkan baru-baru ini atlet panjat tebing Riau, Puja Lestari berhasil mempersembahkan medali emas untuk Indonesia dalam ajang Asean University Games yang berlangsung di Thailand. ***