PEKANBARU – Bersempena hari jadi yang ke 65 tahun 2022 Provinsi Riau, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggelar Festival Layang-Layang Kuau yang diikuti 50 lebih peserta, berlangsung di lapangan helipad kediaman Gubernur Riau, Minggu (7/8/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar berkesempatan hadir membuka sekaligus berpartisipasi ikut serta menarik tali layangan bersama para peserta Festival Layang-Layang Kuau tersebut.

Selain itu, orang nomor satu di Provinsi Riau ini juga turut memberikan semangat kepada seluruh peserta dan melakukan peninjauan berapa layangan yang disiapkan peserta untuk diperlombakan.

Tidak hanya diikuti oleh pecinta layang-layang dan komunitas layangan dari Kota Pekanbaru, Festival Layang-Layang Kuau 2022 yang diselenggarakan oleh Pemprov Riau ini juga diikuti oleh komunitas layang-layang dari Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan dan dari kabupaten/kota lainnya.

Gubri Syamsuar menyambut baik antusias masyarakat untuk mengikuti festival tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sangat menarik dalam rangka mengembangkan hobi sekaligus bersilaturahmi bersama para pecinta permainan layangan se Provinsi Riau.

"Alhamdulillah antusias masyarakat luar biasa, diikuti oleh 50 lebih peserta layang-layang," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Komunitas Layangan Provinsi Riau, Patri Galil menyampaikan ucapan terima kasih atas diselenggarakannya festival ini. Menurutnya, setelah pandemi COVID-19 pihaknya belum pernah melaksanakan kegiatan ini di Kota Pekanbaru.

Ia berharap dengan dukungan Pemprov Riau, komunitas layangan dapat diberikan fasilitas untuk menyalurkan hobi dan bisa bermain layangan yang tidak mengganggu penerbangan ataupun jalur kabel yang ada di Kota Pekanbaru.

"Kami sangat mendukung kegiatan ini, kami sangat antusias. Kami harap kedepannya ada tempat bermain layangan untuk komunitas layangan di Riau khususnya di Kota Pekanbaru," ungkapnya.

Usai melakukan festival layangan, Gubri serta masyarakat yang hadir juga sekaligus melakukan dialog dan makan bersama di Balai Pelangi Komplek Kediaman Gubernur Riau.

Untuk diketahui, dalam kesempatan itu Gubri Syamsuar juga memberikan hadiah kepada 5 peserta terbaik yang mengikuti festival tersebut diantaranya Minang Saiyo Group, Rumbai Group, Aur Serumpun, Layangan G3G, serta Layangan CLB. ***