SIAK SRI INDRAPURA - Camat Sungai Apit Wahyudi memperkirakan sedikitnya 5 ribu pengunjung akan memadati Lapangan Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Siak, Riau untuk menyaksikan rangkaian kegiatan Festival GMC (Gerhana Matahari Cincin), 26 Desember mendatang.

Untuk pengunjung yang ingin datang lebih awal bisa menginap di Homestay yang sudah disiapkan oleh masyarakat tempatan. Sudah ada 211 unit kamar yang dipesan pengunjung dan tersebar di 6 kampung sekitar lokasi acara.

"Ditambah 1 Wisma yang ada di Kecamatan Sungai Apit. Diluar itu, sampai saat ini masih ada warga yang juga bersedia untuk bekerjasama menawarkan homestay,” kata dia.

Camat Sungai Apit itu berharap lewat anstusias pengunjung nantinya, Festival GMC dapat berdampak positif bagi perekonomian masyarakat tempatan, baik dari akomodasi, penjualan kuliner dan cinderamata, parkir dan lain sebagainya.

Sementara itu Bupati Siak Alfedri usai mendengarkan laporan persiapan pelaksanakan kegiatan dari jajarannya meminta sejumlah perbaikan dan penyempurnaan terus dilakukan jelang memasuki puncak kegiatan agar kegiatan dapat berjalan lancar.

“Sejak 3 bulan yang lalu kita sudah melaksanakan berbagai persiapan dan mengemas acara dengan nuansa Islami, diantaranya dengan berkoordinasi dengan LAPAN dan publikasi baik lewat media luar ruang, media massa hingga sosial media. Bapak Ketua LAPAN dan Bapak Gubernur Riau serta dari Kementerian Pariwisata InsyaAllah akan hadir bersama kita,” kata Alfedri.

Panitia kata dia, akan menyediakan tenda untuk pelaksanaan salat berjamaah dilokasi lapangan Kampung Bunsur. Namun untuk mengantisipasi membludaknya peserta, para pngunjung kata dia dihimbau untuk membawa sendiri perlengkapan salat seperti sajadah agar bisa bersama-sama mengiikuti prosesi salat gerhana.

“Untuk mengantisipasi jumlah pengunjung Festival GMC diluar dugaan, disarankan untuk membawa perlengkapan salat dan sajadah masing-masing dari rumah,” terang Alfedri.

Untuk di wilayah Kota Siak Sri Indrapura dan sekitarnya, Bupati juga membuat surat himbauan untuk melaksanakan salat gerhana berjamaah di masjid-mesjid terdekat. ***