AIN SEFRA -- Gurun Sahara di Afrika yang panas dan tandus mendadak diselimuti salju pada awal Januari 2021.

Fenomena alam langka ini diabadikan fotografer Algeria, Karim Bouchetata, pada Ahad (17/1) lalu. Foto dan video yang diunggah Karim itu pun viral di dunia maya.

Dikutip dari detikTravel, Karim mendeskripsikan panorama itu sebagai lukisan es di padang pasir. Karim memotret dan merekam fenomena itu di Kota Ain Sefra di provinsi Naama, Algeria.

Sebelumnya, fenomena Gurun Sahara yang bersalju juga pernah terjadi tahun 2016. Kala itu, nama Karim juga sempat viral setelah memotret fenomena itu untuk yang pertama kalinya setelah 37 tahun silam.

Hanya saja, kali ini Karim lebih dari siap. Selain foto, ia juga merekam fenomena itu lewat sebuah video gurun pasir yang sebagian tertutupi salju.

Di lapangan, suhu di Gurun Sahara juga disebut tengah turun drastis. Pekan lalu misalnya, suhu di sana mencapai minus 3 derajat celcius seperti diberitakan situs berita ED News.

Selain di Gurun Sahara yang melingkupi Algeria, fenomena serupa juga tampak di kawasan Asir, Arab Saudi. Fenomena salju turun itu terjadi untuk yang pertama kali setelah 50 tahun seperti diberitakan situs Al Arabiya.

Banyak warga setempat di Arab Saudi yang membagikan momen pekarangan rumah mereka yang tertutup salju. Sungguh tidak biasa.***