TELUKKUANTAN - Final segitiga pacu jalur rayon IV di Tepian Datuak Simambang Rajo Nan Putiah Kecamatan Sentajo Raya, Sabtu (3/8/2019) sore, mempertemukan jalur Limbago Sati Rantau Kuantan PTSP Naker Kuansing, Panglimo Mudo Bintang Nagori BPKAD Kuansing dan Siposan Rimbo Pemprov Riau.

Hasil drawing, Siposan Rimbo dari Pauh Angit Pangean langsung menantang Limbago Sati dari Kopah. Sedangkan Panglimo Mudo Bintang Nagori mendapat undian menunggu.

Pada laga pertama, Limbago Sati yang berada di jalan sebelah kanan mampu unggul secara meyakinkan atas Siposan Rimbo, sang jawara nasional.

Menang melawan Siposan Rimbo, perjuangan Limbago untuk meraih posisi puncak harus melawan Panglimo Mudo. Hasil pengundian jalan, Panglimo Mudo dari Munsalo Kopah berada di jalan sebelah kanan. Sedangkan Limbago berada di jalan sebelah kiri.

Saat pemanggilan pertama, Limbago dan Panglimo Mudo gagal dilepas. Barulah pada pemanggilan kedua, partai final ini berpacu di arena sepanjang 1,2 Km.

Dalam perpacuan itu, Limbago Sati tak sedikit pun kendor dan memberikan kesempatan kepada Panglimo Mudo. Bahkan, ketika Panglimo Mudo menambah kekuatan, Limbago pun tak lengah.

Akhirnya, dari pancang start hingga finish, Limbago Sati memimpin perpacuan hingga menembus finish. Atlet Panglimo Mudo hanya bisa terkulai lemas menerima hasil tersebut.

Kalah melawan Limbago, Panglimo Mudo harus berjuang lagi untuk memperebutkan posisi juara 2. Ia sudah ditunggu oleh Siposan Rimbo di pancang start.

Namun, dari pantauan GoRiau.com, para atlet Panglimo Mudo seperti kehilangan semangat. Sesampai di tambatan, mereka keluar jalur sambil membawa pendayungnya.

Padahal, perwakilan jalurnya yang berada di Tribun Hakim sudah memutuskan untuk berpacu dengan Siposan Rimbo. Hasil drawing, Panglimo Mudo berada di jalan sebelah kiri dan Siposan Rimbo berada di jalan sebelah kanan.

"Tadi sudah sepakat untuk berpacu. Namun, setelah beberapa kali dipanggil, atlet Panglimo Mudo tak juga mengisi jalur. Kemudian, mereka mundur dari pertarungan," ujar Romi Alfisah Putra, Ketua Pacu Jalur Rayon IV.

Dengan demikian, Panglimo Mudo mengaku kalah atas Siposan Rimbo. Meski demikian, Siposan Rimbo tetap berpacu dan meraih juara II.

Berikut peringkat juara di Tepian Datuak Simambang Rajo Nan Putiah:1. Limbago Sati Rantau Kuantan PTSP Naker Kuansing2. Siposan Rimbo Pemprov Riau3. Panglimo Mudo Bintang Nagori BPKAD Kuansing4. Palimo Olang Putie5. Delima Indah Permata Kuantan6. Pangeran Hilir Rantau Kuantan Wabup Kuansing7. Putri Ayu Pematang Intan8. Kalojengking Tigo Jumbalang9. Singa Kuantan TRACKS Kuansing10. Putri Kayangan Danau Buayo Abdi Praja11. Koghi Pusako Tuah Nagoghi.***