PEKANBARU- Anggota Komisi V DPRD Riau, Ade Hartati Rahmat mengingatkan para orang tua untuk senantiasa mengamati tumbuh kembang anaknya di tengah masa pandemi Covid-19 ini.

Pasalnya, menurut Ade, berdasarkan informasi dari Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (DP3A), selain meningkatnya angka kekerasan seksual, angka kenakalan remaja juga meningkat karena tidak terpantaunya pergerakan si anak.

Tak hanya lembaga pemerintahan saja, sejumlah lembaga sosial yang concern terhadap isu perempuan dan anak juga mengungkapkan hal yang sama.

"Jadi dengan diliburkannya sekolah, tak menutup kemungkinan bisa mempengaruhi tumbuhkembang anak, jika lingkungan dirumah dan tempat bermainnya tidak diperhatikan dengan baik," kata Politisi PAN ini, Senin (6/7/2020).

Apalagi, dengan perkembangan zaman ditambah dengan kecanggihan teknologi, kontrol para orang tua kepada anak semakin terbatas, karena tidak bisa dipantau secara penuh.

Dalam hal ini, peran pemerintah juga sangat vital, sehingga Ade berharap pemerintah selalu memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat, terutama para orang tua yang anaknya masih dalam tahap pubertas.

"Ditambah lagi dengan diliburkannya dunia pendidikan, menjadikan orang tua dan lingkungan satu ordinat yang harus saling peduli pada perkembangan anak . Peran pemerintah dibutuhkan dengan menggerakan seluruh ibu-ibu kader yang ada di masyarakat," tuturnya.***