JAKARTA – Memiliki payudara kencang dan sehat merupakan dambaan setiap wanita. Namun sayangnya, tidak mudah untuk memiliki atau menjaga payudara tetap kencang.

Dikutip dari Liputan6.com, payudara  terdiri dari lemak dan jaringan. Ada juga ligamen cooper yang bertugas mengangkat payudara. Ketika payudara meregang dan mulai kehilangan elastisitas ligamen tersebut maka menjadi kendur bahkan kempis.

Emak-emak perlu tahu, ini enam penyebab payudara kendur, seperti dilansir dari Health Shots pada Ahad, 5 November 2023.

1. Postur Tubuh yang Salah

Wanita yang terus-menerus membungkuk, maka tarikan gravitasi akan mempercepat masalah payudara kendur. Sekilas memang tidak merasakannya, tetapi tarikannya berdampak pada ligamen cooper.

“Otot dan ligamen mengendur karena postur tubuh yang buruk, sehingga menyebabkan payudara kendur. Postur tubuh yang benar, terutama saat duduk, sangatlah penting,” jelas konsultan dokter kandungan dan ginekologi, Dr. Surabhi Siddhartha.

2. Merokok

Kolagen adalah salah satu protein terpenting dalam tubuh kita dan bertanggung jawab menjaga elastisitas kulit. Cadangannya akan berkurang seiring bertambahnya usia.

Apalagi jika wanita merokok, maka produksinya akan terhambat lebih cepat, alhasil payudara menjadi kendur.

3. Kurang Olahraga

Kebanyakan wanita cenderung menghindari latihan tubuh bagian atas, biasanya karena kurang kuat atau merasa tidak ada gunanya. Padahal latihan tersebut justru menolong payudara agar tidak kendur.

“Otot payudara perlu dikencangkan. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan olahraga seperti chest press, plank, dan push-up minimal dua kali seminggu,” saran Siddhartha.

4. Penurunan Berat Badan yang Cepat

Menurut dokter spesialis kebidanan dan ginekologi konsultan, Dr. Sudeshna Ray, payudara banyak mengandung lemak, sehingga wajar kendur ketika berat badan turun.

“Jaringan payudara memiliki banyak kandungan lemak dan konturnya berubah ketika terjadi penurunan berat badan secara cepat,” jelas Ray.

5. Penuaan

Pada hal ini, payudara kendur karena hilangnya kolagen dalam tubuh saat wanita memasuki masa menopause. Itu semua adalah karena hormon, sehingga situasi ini  normal bagi wanita.

6. Genetik

Faktor genetika memainkan peran penting dalam menentukan kekuatan ligamen Cooper payudara. Sehingga, jika ibu atau nenek yang memiliki kekuatan ligamen rendah, besar kemungkinan menyebabkan payudara kendur.***