PEKANBARU - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Pekanbaru meraih peringkat pertama dalam ajang fashion show tingkat Provinsi Riau. Rupanya, motif baju fashion show ini berasal dari ide penasihat DWP Pekanbaru Raja Rilla Muflihun, istri Pj Walikota.

"Dalam lomba fashion show ini, saya merancang sendiri batiknya. Dalam lomba fashion show, kami diminta untuk menampilkan batik khas masing-masing kabupaten dan kota," kata Raja Rilla Muflihun di Balai Serindit Gedung Daerah Riau, Kamis (8/12/2022).

Ide baju batik ini diambil dari salah satu ikon Pekanbaru yaitu Rumah Tuan Kadi yang dipadupadankan dengan motif tampuk manggis dan pucuk rebung. Sehingga, DWP Pekanbaru meraih juara pertama fashion show di DWP Riau.

"Ke depan, kami akan mendesain batik lainnya sesuai dengan ikon Pekanbaru," ucap Raja Rilla.

Kesempatan yang sama, Ketua DWP Pekanbaru Haswinda Indra Pomi mengatakan, DWP Pekanbaru bisa menampilkan yang terbaik. Desain bajunya cukup bagus.

"Kami sebagai pengurus DWP mengucapkan terima kasih kepada ibu penasihat DWP Raja Rilla Muflihun karena telah mendesainkan baju batik khas Pekanbaru. Ke depannya, kami akan mendesain baju yang lebih unik lagi dengan motif dan warna yang lebih berani," ucapnya.

Untuk diketahui, lomba fashion show busana khas batik daerah ini merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-23 DWP. Juara lomba fashion show antara lain, DWP Pekanbaru (juara pertama), DWP Bengkalis (juara kedua), dan DWP Kampar (juara ketiga).

Juara harapan pertama, DWP Kuantan Singingi. Harapan kedua, DWP Siak. Harapan ketiga, DWP Pelalawan.

Pemenang lomba yel-yel yaitu DWP Bank Riau Kepri Syariah (juara pertama), Sekretariat Daerah Provinsi Riau (juara kedua), dan DWP Dinas Pariwisata Riau. Juara harapan pertama DWP Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Riau.

Juara harapan kedua, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau. Juara harapan ketiga, DWP Satpol PP Riau. ***