JAKARTA - YouTuber Fiki Naki klarifikasi terkait aksi Dayana, perempuan asal Kazakhstan yang marah-marah di Instagram pribadinya @demi_demik. Pasangan muda yang bertemu di Ome TV ini diterpa masalah perjanjian sejumlah uang.

Pihak Dayana mengaku jika hanya dibayar setengah oleh Fiki Naki. Namun, manajer Fiki berdalih jika potongan pembayaran itu dilakukan karena Dayana tidak bekerja sebagaimana perjanjian. Seperti apa permasalahan yang menimpa Fiki Naki dan Dayana? Berikut penjelasan selengkapnya.

Berdebat Soal Bayaran

Dayana tiba-tiba meluapkan emosinya melalui unggahan Instagram Story. Ia mengisyaratkan pihak Fiki Naki memotong pembayarannya sebesar 50 persen. Padahal mereka telah melakukan pekerjaan seperti yang diminta oleh pihak Fiki Naki. Dayana juga mengunggah sebuah video namun di-take down beberapa saat kemudian.

"Pada kenyataannya, perusahaan itu ingin berbohong bahwa pesanan datang tepat waktu dan dikirim dari Indonesia. Mereka meminta kami untuk membuat hadiah palsu dan kami akan mendapat bayaran yang bagus. Tapi kami terlambat dua jam, walaupun hari valentine belum selesai, mereka bilang mereka hanya akan memberikan kami 50 persen dari total yang seharusnya," kata Dayana melalui Instagram @demi_demik pada 15 Februari 2021.

"Kami sangat malu mengunggah unggahan ini karena ini adalah sebuah kebohongan. Kami tak akan lagi mengurusi masalah ini," sambungnya.

Menanggapi hal itu, Fiki Naki bersama manajernya bernama Theresia memberikan klarifikasi. Manajer Fiki mengaku telah sepakat dengan pihak Dayana baru akan melakukan pembayaran di hari Senin, 15 Februari 2021 walau telah bekerja 14 Februari 2021. Teri berdalih jika pembayaran internasional terkendala karena libur panjang akhir pekan.

"Kita udah ada kesepakatan, seperti apa pekerjaannya dan apa yang harus dilakukan (Dayana). Untuk biaya, kita tidak bisa melakukan langsung. Karena dealing di hari Kamis, ada kendala antar negara karena gak bisa langsung. Rupiah ke Dollar dulu. Mau coba tapi long weekend. Udah disetujui pihak Dayana, kita akan melakukan pembayaran setelah posting tanggal 14. Pembayaran hari Senin dan sudah ada kesepakatan," papar manajer Fiki Naki, Theresia di YouTube Fiki Naki pada 15 Februari 2021.

Gaji Dayana Dipotong Setengah

Manajer Fiki Naki kemudian menjelaskan jika pihak Dayana telah mengunggah video konten sebagai bentuk bukti pekerjaannya. Namun, Dayana men-take down video tersebut setelah beberapa menit.

"Kontennya itu ceritanya Dayana dapat hadiah valentine. Shipper ngasih hadiah ke Dayana karena ada budget sendiri. Dayana bisa beli apa yang dia mau. Sekitar jam 2 waktu Indonesia atau jam 1 di Kazakhstan mereka baru upload, tapi cuma bertahan sekitar berapa menit di-take down," papar manajer Fiki Naki.

Setelah di-take down, Theresia menyatakan kepada manajer Dayana jika tidak bekerja sebagaimana semestinya dan membuatnya harus memotong gaji sebesar 50 persen. Diketahui bahwa Fiki dan Dayana pernah dekat beberapa waktu lalu. Hal itu lantaran Dayana yang ingin mengajak nikah Fiki usai mereka bertatap muka di jejaring OmeTV.

"Pada saat take down, saya ngomong sama manajernya Dayana. Ini kan Dayana tidak bekerja sesuai dengan seharusnya. Tapi saya bilang dipotong 50 persen. Karena kan Fiki yang bantu handle, take over. Aku bilang kayak gitu dan muncul lah status itu. Saya minta maaf pada pihak-pihak yang dirugikan. Tapi dipotong 50 persen itu bersifat profesional aja karena kerjaan Dayana diambil alih Fiki," ucap There terkait permasalahan yang terjadi antara Fiki Naki dengan Dayana.***