BAGANSIAPIAPI - Pandemi Covid-19 telah dikhawatirkan akan menipisnya cadangan pangan, karena itu, pemerintah terus mendukung program ketahanan pangan agar Indonesia mampu swasembada pangan. Salah salah satunya dengan meningkatkan produksi dan pemanfaatkan lahan untuk cadangan pangan.

Seperti yang dilakukan di Desa Mukti Jaya, Kecamatan Rimba Melintang, Rokan Hilir, Riau. Desa ini sukses melakukan panen raya padi di lahan seluas 189 hektare. Prosesi panen raya pun dihadiri oleh Bupati Rokan Hilir, Suyatno, Rabu (16/9/2020).

Acara panen raya juga dihadiri Camat Rimba Melintang, Darsono, Penghulu Mukti Jaya, Leman Yuhono dan ratusan petani eks transmigrasi.

''Terimakasih atas keberhasilan dan pencapaian ini. Apalagi dalam satu hektare bisa menghasilkan 4-5 ton gabah. Ini prestasi dari Desa Mukti Jaya,'' ujar Suyatno di Blok A Mukti Jaya

Dikatakannya, petani Mukti Jaya merupakan pekerja keras yang sukses meningkatkan pendapatan dan menjadikan lahan produktif saat musim tanam. Karena itu, Pemkab Rohil melalui OPD terkait, PUPR dan Perkim, Pertanian, Perikanan serta penyuluh akan terus meningkatkan sinergisitas dan komunikasi.

''Kita akan dukung pertanian di sini dengan hand traktor, pupuk, jalan, makanya kita bawa dinas terkai ke sini,'' ujarnya.

Sementara itu, Penghulu Mukti Jaya, Leman Yuhono saat berbincang dengan GoRiau menyebutkan, warganya masih mempertahankan gotong-royong dan kerjasama antar kelompok tani. ''Semoga kedepan, hasil pertanian kita di sini terus meningkat,'' tutupnya. ***