DURI - Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) adalah program yang dilaksanakan secara nasional di 269 kota/kabupaten di 34 Provinsi. Kecamatan Mandau di Kabupaten Bengkalis, Riau, perlu berbangga karena 2 Kelurahannya masuk dalam program tersebut.

"Pemerintah Kabupaten Bengkalis merealisasikan sebanyak 2 titik pengerjaan Kotaku di 2 kelurahan yaitu kelurahan Batang Serosa dan kelurahan Duri Barat," kata Plt Camat Mandau, Basuki kepada GoRiau.com, Jumat (29/9/2017).

Selanjutnya, masih dikatakan Basuki, Kotaku juga bermaksud untuk membangun sistem yang terpadu untuk penanganan kumuh, dimana pemerintah daerah memimpin dan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan dalam perencanaan maupun implementasinya, serta mengedepankan partisipasi masyarakat.

"Kemarin kita bersama Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kabupaten Bengkalis sudah meninjau ke Kelurahan Batang Serosa yang dipercayakan ikut dalam program tersebut. Kita targetkan kawasan kumuh di Mandau ini menjadi nol persen," katanya lagi.

Dijelaskannya, pogram Kotaku bukan hanya fisik saja. Namun juga mencakup ekonomi dan Sosial. Program ini juga diharapkan dapat berjalan maksimal dan efisien sekaligus memberi dampak positif kepada masyarakat.

Sebagai informasi juga, ada 7 indikator terkait persoalan kumuh yaitu masalah rumah tidak layak huni, akses sanitasi, akses jaringan jalan, persampahan, drainase lingkungan, pencegahan bahaya kebakaran dan masalah air minum.

"Masyarakat Batang Serosa dan Duri Barat menyambut gembira program Kotaku ini. Dimana kedepannya mereka bisa lebih terbiasa dalam hidup bersih di lingkungan yang nyaman," tutupnya. ***