SURABAYA - Keberhasilan meraih kemenangan melawan Persipura Jayapura pada lanjutan pekan ke-12 Kompetisi Sepakboal Liga 1 2019, Jumat (2/8) tak membuat evaluasi performa Klub Persebaya Surabaya berhenti dilakukan. Salah satu yang disorot adalah kualitas pemain asing.

Ada tiga pemain asing yang bermain sebagai pemain inti yaitu Otavio Dutra, Damian Lizio dan Amido Balde. Sementara satu pemain lain, Manucher Jalilov dicadangkan dan kemudian bermain sebagai pemain pengganti.

Pelatih Persebaya Surabaya, Djadjang Nurdjaman mengakui bahwa saat lawan Persipura penampilan pemain asing ada yang tidak memuaskan.

"Soal pemain asing saya tidak puas dengan beberapa penampilan. Tapi untuk Lizio dia tampil bagus hari ini," ungkapnya.

Pemain asing yang dimaksud Djadjang Nurdjaman nampaknya adalah Amido Balde. Striker asal Guinea Bissau ini kembali gagal mencetak gol. Terakhir dia mencetak gol saat melawan Persib Bandung, 5 Juli lalu.

Pelatih yang akrab disapa Djanur ini mengakui ada rasa ketidakpercayaan diri yang terlihat dari Amido Balde yang membuat pengambilan keputusan terkadang tak tepat.

"Iya memang ada ketidak percayaan diri, tapi kadang dia melakukan keputusan yang benar dia berikan bola kepada pemain yang lebih bagus posisinya, tapi yang lain memang ada evaluasi untuk dia," ucapnya.

Djanur menceritakan Balde sempat mengaku bahwa kurang siap yang membuat permainannya tak maksimal pada babak pertama. Namun babak kedua permainan Balde dinilai mulai membaik.

"Pada babak pertama dia bilang kurang siap kemudian di ruang ganti kami beri motivasi dan babak kedua bermain lebih baik," ungkapnya. ***