PEKANBARU - Dinas Pertanian dan Peternakan (Distakan) Kota Pekanbaru akan mempersiapkan sekitar 11.000 ekor hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha pada 31 Juli 2020 mendatang. Jumlah ini diperkirakan berdasarkan jumlah permintaan hewan kurban pada tahun-tahun sebelumnya.

"Persediaan hewan kurban kita masih mencukupi, akan ada sekitar 11.000 ekor, berupa sapi, kerbau dan kambing. Untuk harganya masing-masing itu relatif, tergantung pedagangnya," ujar Kepala Bidang Distakan Kota Pekanbaru, Herlandria, Jumat (10/7/2020).

Meskipun persediaan mencukupi, Herlan memperkirakan permintaan masyarakat yang justru akan turun dibandingkan tahun lalu. Pasalnya, pandemi Covid-19 telah berdampak pada pendapatan ekonomi masyarakat.

"Kita yang tidak yakin permintaan akan tetap. Karena pandemi Covid-19, kita perkirakan permintaan hewan kurban akan turun antara 2 sampai 3 persen," jelasnya.

Sementara itu, ia juga mengatakan bahwa Dinas Peternakan Kota Pekanbaru telah membentuk tim untuk melakukan pengecekan kesehatan para hewan yang sudah tersedia. Hewan-hewan ini sendiri diimpor dari beberapa kabupaten tetangga di Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Utara, serta Sumatera Barat.

"Kita dari dinas sudah bentuk tim. Kita masih ada waktu 20 hari lagi untuk melakukan pengecekan dan selama itu tim akan terus turun kelapangan untuk memastikan kesehatan hewan ini," pungkasnya.***