SIAK - Kampung Tangguh Nusantara yang merupakan program khusus Kapolri dan Panglima TNI dalam rangka penanganan Covid-19 di bidang kesehatan, keamanan dan sosial ekonomi juga ada di Dusun Suka Jaya, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau.

Dusun Suka Jaya diresmikan sebagai Kampung Tangguh Nusantara bersempena Launching Jaga Kampung Kamis (9/7/2020) oleh Kapolres Siak AKBP Dodi Ferdinan Sanjaya.

Hadir dalam kesempatan itu Penjabat Sekda Siak Jamaluddin, Kadis Kesehatan Siak Toni Candra, Camat Dayun Novendra Kasmara serta Penghulu Banjar Seminai.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Jamaludin menuturkan kampung tangguh yang diluncurkan hari ini akan banyak melibatkan masyarakat dalam mencegah penularan Covid-19.

"Harapan kita, seluruh masyarakat hingga ke tingkat RT/RW ikut berpartisipasi dalam mencegah penularan Covid-19. Kita optimis, jika di tingkat RT sudah tangguh. Maka, Indonesia tangguh," ujarnya.

Jamal juga mengatakan, sebelumnya kegiatan Jaga Kampung Tangguh Nusantara dan Program ketahanan Pangan tersebut telah dilaunching oleh Kapolda Riau serta Bupati Siak Alfedri pada beberapa waktu yang lalu di Kabupaten Siak.

"Pemerintah Kabupaten Siak sangat menyambut baik atas dilakukan kegiatan tersebut, hal itu dikarenakan memberikan upaya dalam membangun ketahanan pangan bersama masyarakat," kata Jamaluddin.

Kapolres Siak AKBP Doddy Ferdinand Sanjaya menjelaskan kegiatan itu merupakan suatu upaya untuk bersama sama menjaga ketahanan pangan dengan tiga tujuan, yakni menciptakan masyarakat kampung yang kuat, kuat dalam menjaga keamanan ketertiban, masyarakat yang sehat, serta cukup pangannya.

"Tujuan ini diharapkan dengan melalui jaga kampung bisa kita wujudkan bersama peran serta semua pihak Polri dan TNI, Pemerintah Kabupaten Siak maupun masyarakat berupaya menjaga Siak bisa tetap aman, sehat dan tidak kekurangan pangan,"harap AKBP Doddi.***