PEKANBARU – Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mulai memberikan vaksinasi booster atau vaksin Covid-19 dosis ketiga dan keempat kepada warga lanjut usia (Lansia). Vaksinasi bisa diakses melalui Mal Vaksin secara gratis.

Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih mengatakan pelaksanaan vaksinasi saat ini memang kurang mendapatkan antusiasme dari warga. Padahal, kuota vaksin sangat banyak untuk mencukupi kebutuhan warga.

"Vaksinnya sekarang kita letakkan di gudang provinsi. Karena antusiasme masyarakat kurang, jadi harus bisa disimpan lebih lama agar vaksinnya tetap dalam kondisi bagus sampai masa kadaluarsa," jelasnya.

Jika ada warga yang hendak vaksin, maka Diskes Pekanbaru akan mengambil dari provinsi.

"Karena vaksin ini harus disimpan di suhu minus 70 (derajat celcius) sehingga dapat bertahan lebih lama. Kalau tidak disimpan pada suhu sangat dingin, maka vaksin dapat rusak dan tidak bisa digunakan," terangnya.

Ia mengimbau warga tetap mendapatkan vaksinasi karena saat ini kasus Covid-19 masih terjadi. "Masih ada kasusnya, dan sekarang sampai 30 kasus perhari," pungkasnya. ***