PEKANBARU – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru menilai minat warga untuk menyekolahkan anaknya di SDN 01 Pekanbaru masih tinggi. Kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut juga masih berlangsung normal.

"Masih (tinggi). Karena lokasi sekolah itu juga kan dekat kemana-mana, aksesnya mudah, strategis," ujar Sekretaris Disdik Kota Pekanbaru, Muzailis, Jumat (29/7/2022).

Sekolah SDN 01 Pekanbaru yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani ini, direncanakan dialihkan menjadi pasar. Pasalnya, lokasi sekolah yang berada dekat pasar, dianggap sudah tidak nyaman untuk para siswa berkegiatan.

Rencana ini sudah dirancang sejak tahun lalu. Namun hingga saat ini, masih ada pro dan kontra dari sejumlah pihak.

Menanggapi hal ini, Muzailis menjelaskan bahwa rencana pengalihfungsian gedung sekolah itu belum ada kepastian. Apalagi saat ini, sudah terjadi pergantian kepala daerah di Kota Pekanbaru.

"Rencana alih fungsi itukan sebelumnya rencana dari pimpinan sebelumnya. Kemarin kita memang sudah membuat kajiannya oleh tim ahli, baik dari aspek hukum, lingkungan dan lainnya. Itu sudah selesai kajiannya," jelasnya.

Ia melanjutkan, pihaknya bergantung pada keputusan Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun terkait apakah rencana itu akan dilanjutkan atau tidak.

"Sekarangkan keputusannya di tangan kepala daerah, apakah jadi atau tidak," pungkasnya. ***