KAMPAR, GORIAU.COM - Warga Desa Balung Kecamatan XIII Koto Kampar, menyambut calon Gubernur Riau Herman Abdullah seperti saudaranya sendiri. Mereka bertekad memilih Herman menjadi Gubri 2013-2018.

Herman hadir ke desa itu bersilaturrahmi bulan Syawal bersama masyarakat, yang bertempat di Masjid Ar Rahman, desa tersebut, Jumat (16/6/2013).

Dalam kesempatan itu, masyarakat antusias menyambut Herman. Bahkan Kepala Desa Balung M Syafi'i menyatakan syukur dan terima kasih Herman datang.

Walaupun, katanya, baru datang ke desa ini, tapi warga sudah lama mengenal Herman Abdullah dan sudah merasa dekat.

Bahkan, salah seorang tokoh masyarakat setempat Hasrison, mengatakan, tidak menganggap mantan Walikota Pekanbaru itu sebagai orang lain.

Secara kultur dan sosial katanya, warga Balung kebanyakan berasal dari Pangkalan, dimana ayah Herman ustadz Abdullah Hasan berasal dari Pangkalan.

''Sebab itu kami masyarakat di sini sudah jelas akan mendukung Herman dalam pemilihan Gubernur 4 September nanti,'' ujarnya.

Herman tambahnya, memiliki banyak kelebihan, dia berpengalaman di birokrasi dan politik. Selain itu selama ini Herman bersih dari korupsi.

Kades Syafi'i kembali menambahkan, harapan besar bagi masyarakat, kalau Herman terpilih bisa memperhatikan desa ini, mengingat desa ini boleh dibilang masih terbelakang.

''Kadang kita masih merasa seolah-olah berada di daerah lain. Desa Balung ini sangat jauh dari kemajuan dibanding desa lainnya,'' katanya.

Ia mengatakan, desa ini perlu perhatian dari sisi infrastruktur jalan. Perlu dibuka jalan akses ke daerah Sumatera Barat (Sumbar) dan Kampar Kiri.

"Jalan sepanjang 9 kilo meter sangat memprihatinkan. Sejak 2005 sampai saat ini tidak ada perbaikan. Status jalan di pertahankan jalan nasional," katanya.

Ia menyampaikan, jumlah peduduk Desa Balung sebanyak 2.500 jiwa, yang memilih sekitar 1.300 orang.

Apalagi sebanyak 44 desa di kabupaten kampar ini berada dalam kawasan hutan lindung,apt,cagar alam di sisi lain desa ini ada sebelum kemerdekaan indonesia ,tanah-tanah ini tidak bisa di sertifikat,luas jalan balung-lipat kain jalur strategis akses kalau ada longsor.

Sementara itu Herman Abdullah menyatakan, bersyukur sampai ke Desa Balung. Diakuinya desa ini masih terbelakang dari desa lain. Kampung ini sebagian berada dalam cagar alam (hutang lindung).

Ini perlu diperjelas, tentu oleh pemerintah. Sehingga masyarakat di sini bisa mengembangkan ekonomi dan safek lainnya. Perlu perhatian infrastruktur jalan, sehingga bisa lebih maju.

''Potensi desa sangat besar dibidang pertanian dan perikanan, dan bisa dikembangkan untuk kesejateraan masyarakat. Jika saya terpilih ini akan kita perhatikan, terutama infrastruktur jalan,'' katanya. (rls)