PEKANBARU, GORIAU.COM - Sudah tiga tahun berdiri, Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau tidak mampu bekerja dengan baik. Selain bersikap pasif terhadap bencana yang terjadi, instansi ini juga dinilai tidak memiliki tugas pokok dan fungsi yang jelas. Namun Kepala BPBD Riau Said Saqlul Amri membantah penilaian tersebut.

''BPBD Riau ini baru dibentuk tiga tahun silam tepatnya bulan Juli 2010. Jadi wajar kalau dalam rentang waktu tiga tahun berdirinya BPBD Riau belum bisa maksimal memberikan pelayanan. Namun demikian, kita tetap berusaha agar setiap waktu dapat mengalami peningkatan," terang Kepala BPBD Riau Said Saqlul Amri, Kamis (6/6/2013).

Saqlul mengatakan, menyikapi hal ini, dia meminta kepada seluruh masyarakat untuk dapat memaklumi pelayanan yang belum maksimal sebab selain kekurangan tenaga dibidang penanganan bencana, juga dikarena kekuranganya peralatan yang dibutuhkan dalam menanggulangi bencana alam.

Saqlul juga mengatakan, BPBD Riau berharap pemerintah pusat dapat memberikan bantuan peralatan yang memadai sesuai kebutuhan dalam menanggulangi bencana alam seperti mobil-mobil penanggulangan bencana agar proses evakuasi korban di daerah dapat tertangani serta mobil operasional petugas. (rdi)