PEKANBARU-Bertempat di Balai Pelangi Kompleks Gubernuran, Gubernur Riau Syamsuar melantik Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis, Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti serta Walikota dan Wakil Walikota Dumai, Jumat (26/2/2021).

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Kementerian Dalam Negeri yang dibacakan Kepala Biro Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Sudarman.

Kemudian sumpah janji jabatan yang dipandu Gubernur Riau dan diikuti Bupati, Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota.

Dilanjutkan dengan pembacaan naskah pelantikan dan penandatanganan berita acara dan pengambilan surat keputusan.

Ada yang unik pada pelantikan bupati, wakil bupati, walikota serta wakil walikota kali ini. Dimana dalam prosesi pelantikan ini terdapat srikandi yang menjadi kepala daerah. Ia adalah Kasmarni, satu-satunya wanita pertama yang mencatat sejarah sebagai bupati perempuan pertama di Kabupaten Bengkalis.

Tidak hanya di tingkat Kabupaten Bengkalis, ia juga merupakan satu-satunya Bupati perempuan pertama di Provinsi Riau.

Usai menerima ucapan selamat dari Gubernur Riau dan undangan lainnya menjelang mengikuti pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota, Kasmarni sempat menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bengkalis.

"Alhamdulillah, kami telah dipercaya oleh masyarakat Kabupaten Bengkalis untuk menjalankan amanah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis, dan ini tentunya sebuah tantangan tersendiri serta dapat menjadi spirit bagi saya sendiri serta bagi kaum hawa, dimana perempuan juga bisa menjadi Bupati," ujarnya.


“Kita harus sama-sama yakin bahwa perempuan itu bisa, tidak semua bupati itu harus laki-laki, karena posisi laki-laki dan perempuan itu sederajat dan kita harus terus meningkatkan derajat perempuan,” ujar mantan Camat Pinggir ini.

Ia minta kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bengkalis, baik legislatif, forkopimda, serta pihak lainnya saling bersinergi untuk meraih masa depan Kabupaten Bengkalis yang bermarwah, maju dan sejahtera dibawah kepemimpinan kami berdua.

“Bantu dan doakan kami," tutup Kasmarni.***

GoRiau Pengambilan sumpah jabatan Bup
Pengambilan sumpah jabatan Bupati Bengkalis Kasmarni dan Wakil Bupati Bagus Santoso yang dipandu Gubernur Riau Syamsuar.

GoRiau Bupati Bengkalis Kasmarni mena
Bupati Bengkalis Kasmarni menandatangani berita acara pelantikan disaksikan Gubernur Riau Syamsuar.

GoRiau Bupati Bengkalis Kasmarni dan
Bupati Bengkalis Kasmarni dan Wakil Bupati Bagus Santoso didampingi keluarga foto bersama dengan Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution beserta isteri.

GoRiau Bupati Bengkalis Kasmarni mene
Bupati Bengkalis Kasmarni menerika SK.

GoRiau Wakil Bupati Bagus Santoso men
Wakil Bupati Bagus Santoso menandatangani berita acara pelantikan disaksikan Gubernur Riau Syamsuar.

GoRiau Bupati Bengkalis Kasmarni dan
Bupati Bengkalis Kasmarni dan Wakil Bupati Bagus Santoso bersama kepala daerah Kota Dumai dan Kabupaten Kepulauan Meranti foto bersama Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution.

GoRiau Sekda Bustami HY, Ketua DPRD K
Sekda Bustami HY, Ketua DPRD Khairul Umam dan Forkopimda mengahdiri pelantikan bupati dan wakil bupati Bengkalis secara virtual.

GoRiau Bupati Bengkalis Kasmarni dan
Bupati Bengkalis Kasmarni dan Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso mendapat ucapan selamat dari Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau serta undangan yang hadir.