PEKANBARU - Diikuti lebih kurang 170 stand, perhelatan Riau Expo 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 22-26 November 2022 resmi dibuka oleh Gubernur Riau Syamsuar, yang berlangsung di lapangan Purna MTQ Pekanbaru, Selasa (22/11/22) malam.

Pembukaan Riau Expo 2022 ini ditandai dengan dilakukannya pemukulan kompang oleh Gubri bersama Ketua TP PKK Riau, Misnarni Syamsuar, Forkompinda Riau dan tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Riau, Helmi D menyampaikan bahwa tema yang diambil dalam kegiatan Riau Expo 2022 ini adalah mewujudkan investasi Riau yang inklusif berkelanjutan melalui kemitraan dan pemberdayaan UMKM.

Helmi mengatakan, opening ceremony Riau Expo 2022 ini merupakan tahapan kedua dalam pagelaran Riau Expo.

Dia menjelaskan, tadi pagi telah melakukan langkah awal penandatanganan MoU antara pelaku usaha Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) terhadap UMKM dengan 526 UMKM dengan serapan anggaran 20 miliar lebih.

Terangnya, meskipun jumlah serapan anggarannya tidak terlalu besar, akan tetapi MoU tersebut sangat bermakna. Karena UMKM ini nantinya diharapkan mampu tumbuh dan berkembang sehingga mampu menciptakan lapangan kerja.

"Tahapan kedua adalah malam ini ada pembukaan Riau Expo. Ketiga adalah besok di Menara Bank Riau Kepri kita mengadakan Riau Investment Forum, dimana para pelaku usaha akan bertemu para bupati/ wali kota se Riau, dan daerah akan mengekspos potensi apa yang mereka miliki, sehingga ini menjadi peluang investasi para pelaku usaha," sebutnya.

Kepala DPMPTSP Riau ini melanjutkan, dari 170 stand tersebut telah terisi penuh. Terangnya, stand 120 terdiri pemerintah kabupaten/kota, provinsi serta pelaku usaha.

Kemudian jelasnya, 30 stand diikuti oleh UMKM, serta 21 stand lainnya di luar UMKM yang bisa memenuhi stand Riau Expo 2022.

"Dari lebih kurang 170 stand tersebut Alhamdulillah terisi lebih, sehingga tidak ada satupun stand kita yang kosong. Mudah-mudahan usaha kita ini mendapat ridho Allah," tutupnya. ***