BENGKALIS, GORIAU.COM - Jika tidak ada aral melintik, pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Perwakilan Bengkalis masa bhakti 2012-2015 akan dilantik Selasa (4/6/2013) besok). Acara pelantikan akan dirangkai dengan pelatihan Jurnalistik dan Kode Etik Wartawan se-Riau keesokan harinya.

''Pelantikan pengurus PWI Bengkalis akan dilaksanakan besok siang mulai pukul 14.00 WIB di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut. Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh dan Ketua Umum Pusat Margiono sudah menyatakan kesediannya hadir,'' ujar Ketua Panitia Pelantikan Pengurus PWI Perwakilan Bengkalis, Afdal Aulia kepada wartawan, Senin (3/6/2013).

Dijelaskan Afdal, pelantikan pengurus PWI Perwakilan Bengkalis masa bhakti 2012-2015 akan dilaksanakan di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut pukul 14.00 WIB. Kemudian pada malam harinya di tempat yang sama digelar makan malam bersama dan dialog pengurus PWI se-Riau dengan Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh.

Ditambahkan Afdal, pelantikan pengurus PWI bhakti 2012-2015 terasa istimewa karena dirangkai dengan pelatihan jurnalistik dan kode etik wartawan yang akan akan diikuti wartawan se-Riau. Ada empat orang nara sumber yang akan menyampaikan materi, yakni dari Dewan Pers, Pemimpin Redaksi Kedaulatan Rakyat Octo Lampito, Ketua Serikat Penerbit Suratkabar Riau Dr Syafriadi dan Ketua PWI Cabang Riau H Dheni Kurnia.

''Alhamudillah keempat nara sumber sudah menyatakan kesediaannya untuk mengisi materi. Pelatihan akan berlangsung sehari penuh di Hotel Pantai Marina,'' tambah Afdal.

Dijelaskan Afdal lagi, pelatihan jurnalistik dan kode etik wartawan ini merupakan program pertama sejak terpilih pengurus PWI Bengkalis masa bhakti 2012-2015 dinakhodai Usman Malik, hasil Konferensi Perwakilan 9 Januari lalu. Tujuan pelatihan ini tak lain untuk menambah wawasan serta meningkatkan profesionalisme wartawan dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik.

''Apalagi narasumber yang akan kita hadirkan nanti merupakan orang-orang yang berkompeten dan memiliki jam terbang di dunia jurnalistik,'' timpal Afdal.

Menyangkut persiapan pelantikan maupun pelatihan, menurut Afdal, sejauh ini semuanya berjalan sesuai jadwal. “Mudah-mudahan sampai hari “H” nya besok tidak persoalan yang berarti sehingga dua event ini bisa berjalan dengan baik,” tutup Afdal. (rls)