PEKANBARU - Sekitar 500-an anggota Persatuan Olahraga Pernapasan Indonesia (PORPI) dari berbagai daerah dan luar negeri menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) PORPI Ranting Holiday 88 ke-1 di Hotel Furaya Pekanbaru.

PORPI yang didirikan sejak 37 tahun silam itu, hingga kini tetap eksis dan dikenal sebagai wadah olahraga senam bagi masyarakat yang massal, murah, meriah, menarik dan manfaat (5M), karena itu PORPI sangat membantu program pemerintah dalam upaya menyehatkan masyarakat.

PORPI juga konsisten mengacu pada rumus senam yang benar, yaitu kurva intensitas yang terdiri dari peregangan otot, senam pernapasan dan senam persendian. Senam PORPI juga kaya dengan kreasi disco yang banyak diminati kawula muda.

Senam PORPI menjual branding olah nafas sederhana yang gampang dan ringan dilaksanakan. Komunitas senam PORPI banyak tersebar di seluruh Indonesia dan tergolong memiliki organisasi mapan dan kaderisasinya rutin dilaksanakan.

"Untuk PORPI Riau sendiri, telah dibentuk sejak tanggal 4 Juni 1986 dan saat ini telah memiliki sekitar tujuh cabang dan puluhan ranting diberbagai kabupaten/kota di Riau," kata Wakil Ketua DPD PORPI Riau, Sungliyanti.

Mewakili Ketua DPD PORPI Riau, Dra Hj Murnis, Sungliyanti menyampaikan rasa bangganya karena PORPI Riau Ranting Holiday 88 yang saat ini merayakan hari jadinya yang pertama sudah bisa mendatangkan teman-teman PORPI dari berbagai kabupaten/kota dan bahkan luar negeri.

"Tamu undangan yang hadir ikut memeriahkan HUT PORPI Ranting Holiday 88 ini diantaranya dari Dumai, Bengkalis, Selat Panjang, Bengkalis, Batam, Bangka Belitung, Jakarta dan berbagai kota lainnya, serta juga teman-teman dari olahraga pernapasan luar negeri diantaranya Malaysia dan Singapura," paparnya.

"Kepengurusan PORPI Ranting Holiday 88 yang dilantik pada tanggal 30 April 2017 tahun lalu itu, diketuai oleh Suwito Untung dan saat ini untuk Kota Pekanbaru sendiri telah dibentuk sekitar lima ranting," lanjut Sungliyanti.

Ia menambahkan, bahwa PORPI Riau disamping mengutamakan senam pernapasan (olahraga), juga sering mengadakan acara kesenian berupa tarian-tarian, disamping itu juga kerap mengadakan kegiatan sosial seperti menjenguk dan membantu orang sakit serta melayat orang meninggal.

PORPI Ranting Holiday 88 sendiri saat ini sudah memiliki sekitar 300-an anggota yang terdiri dari anggota yang berusia 50 tahun ke atas dari berbagai suku, etnis, agama dan keyakinan. "Jadi, disamping membina hubungan antar sesama juga bisa melaksanakan berbagai kegiatan sosial yang bermanfaat," imbuhnya.

Sejumlah kegiatan yang dilakukan dalam rangka merayakan HUT PORPI Ranting Holiday 88 ke-1 ini diantaranya, lomba senam pernapasan 18 gaya yang diikuti enam kelompok, lomba senam Tai Chi 24 yang diikuti tiga kelompok dan berbagai lomba lainnya.

Disamping lomba-lomba tersebut, para tamu dan undangan dari berbagai kabupaten/kota dan luar negeri tersebut juga diadakan city tour dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata di Kota Pekanbaru.

Seperti, Vihara Satya Dharma atau Kwan Tee Kong Bio yang merupakan vihara terbesar di Kota Pekanbaru, Riau. Kegiatan ini sangat baik dimana dengan memperkenalkan Kota Pekannbaru kepada para tamu dan undangan dari luar kota dan luar negeri sehingga bisa dikenal sampai ke berbagai daerah dan mancanegara.

Malam Gembira HUT PORPI Ranting Holiday 88 ke-1 di Hotel Furaya Pekanbaru menjadi puncak perayaan. Ratusan tamu undangan baik dari anggota PORPI dari kabupaten/kota dan mancanegara, juga dihadiri tokoh-tokoh masyarakat dan para sponsor.

Acara hiburan juga sangat meriah dengan ditampilkannya berbagai kesenian dan tarian dari berbagai kota dan juga dari Malaysia dan Singapura. Semua kegiatan dan lomba yang diadakan, diharapkan PORPI Ranting Holiday 88 ini bisa berkembang dengan pesat serta turut menyehatkan masyarakat.***