JAMBI – Dua orang karyawan tewas diduga akibat keracunan biogas pada Kamis (5/5/2022). Kecelakaan kerja terjadi di salah satu perusahaan kelapa sawit di Kecamatan Bathin II Babeko, Kabupaten Bungo, Jambi.

Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro mengatakan, kasus tersebut kini dalam penyelidikan polisi. Kedua korban terindikasi keracunan saat membersihkan tangki biogas.

"Saat ini kami diselidiki terhadap perusahaan terkait tewasnya kedua karyawan tersebut. Apakah ada kelalaian kerja atau pelanggaran SOP (standar operasional prosedur) karena di perusahaan tersebut ada kegiatan memberdayakan limbah cair untuk dijadikan pembangkit listrik sumber biogas," ujar Guntur, Jumat (6/5/2022).

Menurutnya, kedua korban ditemukan tewas oleh rekan kerja mereka. Identitasnya bernama Ade Putra (30) warga Desa Tajung Menanti, Kecamatan Bathin II Babeko dan Nopriyanto (37) yang merupakan warga Kota Jambi.

Korban pertama kali ditemukan rekannya bernama Sinaga yang merupakan sesama mekanik pabrik. Saat masuk ke ruangan biogas, dia melihat kedua korban sudah tergeletak dengan posisi tubuh kaku di salah satu ruangan bengkel pabrik tersebut.

"Pertama saya masuk, saya melihat kedua korban sudah kaku tergeletak di dalam bengkel pukul 06.00 pagi kemarin (Kamis)," kata Sinaga.

Dia menduga kedua rekannya itu tewas antara pukul 00.00 WIB hingga 06.00 WIB. Sebab pada pukul 00.00 WIB, keduanya masih memberikan laporan ke manajer pabrik terkait kegiatan kerjanya. Dia juga belum mengetahui pasti apa penyebab tewasnya kedua rekannya tersebut.

"Untuk penyebabnya kami tidak tahu pasti. Yang jelas kedua korban sudah dibawa ke rumah sakit," kata dia, seperti dilansir dari iNews.id.***