ABU DHABI -- Serangan teroris dan kriminal di beberapa lokasi di Wina, Austria, Senin (2/11), menyebabkan puluhan orang tewas dan puluhan luka-luka. World Muslim Communities Council (WMCC) atau Dewan Komunitas Muslim Dunia mengecam keras aksi teror tersebut.

Dikutip dari Republika.com, Dewan menyampaikan belasungkawa dan simpati yang tulus kepada keluarga para korban dan rakyat Austria serta memohon kepada Allah Yang Mahakuasa agar segera pulih bagi yang terluka.

Dilansir dari laman WAM pada Rabu (4/11), Dewan menegaskan simpatinya kepada para korban yang tidak bersalah dan keluarganya. Mereka menekankan bahwa serangan-serangan ini melanggar nilai-nilai kemanusiaan, menyebabkan kebingungan di masyarakat, dan menargetkan orang-orang yang tidak bersalah dari semua agama.

Disebutkan, terorisme tidak memiliki agama dan tidak membedakan antara tempat ibadah ataupun bukan. Serangan ini merupakan tindakan kriminal terhadap kepercayaan dan stabilitas seluruh umat manusia.

Dewan menyerukan untuk menyatukan semua upaya dan inisiatif untuk memerangi terorisme, memberantas akar intelektualnya, menuntut kelompoknya, memberikan prioritas pada kebijaksanaan dan alasan, mematuhi tanggung jawab sosial, menghadapi pidato kebencian dan hasutan untuk melakukan kekerasan, apa pun sumbernya, dan menghormati konstitusi negara serta sistem hukum yang mengatur urusan publik.

Dewan juga menekankan perlunya bekerja untuk mengonsolidasikan nilai-nilai kemanusiaan bersama di antara semua komponen masyarakat, menyebarkan prinsip-prinsip moderasi, toleransi dan cinta, mengonsolidasikan kepemilikan tanah air, dan menghormati hukum, dialog dan hidup berdampingan dengan agama dan budaya lain.***