PEKANBARU - DPRD Kota Pekanbaru mendukung ide Dinas Perumaham Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Pekanbaru untuk menyulap enam pemakaman agar terlihat seperti ruang terbuka hijau (RTH). Ide ini disampaikan saat hearing bersama, pada Selasa (7/7/2020).

"Karena inikan bisa menghilangkan stigma menyeramkan di pemakaman. Ini ide bagus, dan kita harapkan masyarakat yang mengelola makam bisa bekerjasama dengan dinas," ujar Ketua Komisi IV Sigit Yuwono.

Selain, menyulap pemandangan di pemakaman tersebut, Dinas Perkim juga berencana untuk menambha lahan di dua titik, yaitu di Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir. Dimakam yang dihias, nantinya juga akan ditambahkan lampu taman untuk menambah keindahannya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pra Sarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) Dinas Perkim, Martin seusai RDP mengatakan dari enam pemakaman milik Pemkot Pekanbaru, hanya tiga pemakaman yang masih beroperasi. Hal tersebut dikarenakan tiga pemakaman lainnya sudah dalam kondisi penuh. 

"Kalau APBD membaik ada penambahan lahan di Tebing Tinggi Okura dan 3 hektare dan Umban Sari 1 hektare," jelasnya. (Adv)