TELUK PAPAL - Pemerintah Desa Teluk Papal menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada 166 kepala Keluarga terdampak Covid-19.

Penyerahan secara simbolis dilakukan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bengkalis, Yuhelmi di Kantor BPD Desa Teluk Papal, Jumat (15/5/2020).

Yuhelmi sudah mengunjungi 4 desa dalam penyaluran BLT-DD ini. Pertama Desa Pangkalan Jambi Kecamatan Kecamatan Bukit Batu, kedua Desa Simpang Padang Kecamatan Bathin Solapan, ketiga Desa Suka Maju Kecamatan dan Desa Teluk Papal.

''Hari ini ada enam desa di Kecamatan Bantan yang menyalurkan dana BLT- DD dan satu-satunya kecamatan yang banyak menyalurkan dana desa dan jika tidak berbenturan dengan data, mungkin seratus persen kita salurkan,'' ujarnya.

Yuhemi menambahkan pihak desa harus kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas dan perlu kehati-hatian. Data penerima harus benar karena banyaknya bantuan yang disalurkan pemerintah, mulai dari PKH, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Pra Kerja dan Bantuan Dana Desa. Semuanya bersumber dari APBN dan tidak boleh tumpang tindih penerimanya.

Tujuan program Bantuan BLT-DD untuk menjaga kemampuan dana beli penduduk miskin di desa dan menjaga kemampuan daya beli pada pedemi Covid 19 yang membatasi ruang gerak masayakarat.

Sebanyak 166 KK mendapat bantuan sebesar Rp600.000 per KK per bulan selama tiga bulan terhitung April, Mei dan Juni dengan total bantuan BLT-DD sebesar Rp298 juta. Yuhelmi berharap dana ini jangan digunakan untuk membeli pulsa atau paket internet tetapi untuk kebutuhan dasar manusia.

''Gunakanlah uang ini sebaik-baiknya karena Covid 19 ini batas waktunya kita tidak tahu dan mudah-mudahan cepat berakhir,'' ungkap Yuhelmi.

Lanjut Yuhemi, kepada yang hadir bisa memberikan pemahaman kepada yang lain. Seharusnya 166 KK yang menerima bantuan hadir, akan tetapi karena protokol kesehatan tidak membenarkan untuk berkerumum apalagi hari ini di Kabupaten Bengkalis sudah menerapakn PSBB.

Yuhelmi juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Teluk Papal, Perangkat Desa, BPD beserta relawan desa yang sudah berkerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas dalam menlaksanakan pendataan masyarakat yang terdampak Covid 19 sehingga Desa Teluk Papal dapat menyalurkan BLT-DD .

Sebelumnya Kepala Desa Teluk Papal, Lakuning Ratno dalam sambutanya berharap kepada masyarakat Desa Teluk Papal menerima bantuan BLT –DD ini dipergunakan sebabaik mungkin dan harus disyukuri

''Kepada masyarakat Desa Teluk Papal yang belum mendapat bantuan,agar bersabar menunggu karena bantuan ini sifatnya bekala tidak sekaligus,'' jelasnya.

Lakuning menambahkan ada 166 KK yang mendapat bantuan BLT-DD Teluk Papal. Jumlah ini tidak termasuk yang mendapat Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) dan Pra Keria yang sama bersumber dari Dana Desa (DD).

''Bagi yang belum mendapatkan bantuan, kita juga mengusulkan bantuan sembako murah dan ada bantuan yang ada terdampak di luar negeri dari Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis dan yang terdaftar di Desa Teluk Papal sebanyak 195 ODP,'' tutup Kuning.***