MADRID -- Lebih 50 mobil van hancur di pabrik Mercedes-Benz setelah ditabrak seorang pria berusia 38 tahun menggunakan stum atau alat berat penggilas aspal jalan.

Dikutip dari detik.com, peristiwa itu terjadi di Spanyol baru-baru ini, sedangkan pria yang mengamuk tersebut merupakan mantan pekerja di pabril mobil itu. Pria itu marah dan dendam karena dipecat.

Stum itu dicuri pria tersebut dari tempat lain dan dikemudikan sejauh 21 kilometer ke pabrik untuk melancarkan rencana jahatnya.

Sesampai di sana, dia menerobos gerbang utama pabrik merusak banyak Van Mercedes-Benz tipe V. Pria itu akhirnya ingin masuk ke jalur perakitan juga dan hendak melakukan pengrusakan pula di sana.

Dari foto-foto yang diunggah oleh akun Twitter @aldamu_jo, mobil-mobil teresbut mengalami kerusakan yang sangat parah. Ada yang terguling, bodinya pecah, sampai bannya lepas.

Akibat amukan brutal mantan karyawan tersebut, kerugian perusahaan diperkirakan mencapai lebih dari 2 juta euro atau setara Rp34 miliar. Peristiwa ini dilakukan pada malam hari, saat tak banyak orang di pabrik.

Kemarahan ini merupakan lanjutan dari aksi demo para pekerja pabrik yang mengatakan skema kerja baru mengakibatkan 10-15 karyawan dipecat.

Noticias de Gipuzkoa melaporkan bahwa para pekerja Mercedes berkumpul di pabrik itu pada 18 Desember untuk memprotes PHK. Mereka menuntut kepada Mercedes-Benz mencari solusi sebelum memberhentikan karyawannya.

V-Class mulai dari 29.000 Euro dan merupakan mobil van kelas atas yang besar untuk pasar Eropa. Didukung oleh powertrain hybrid, interiornya dirancang untuk membawa penumpang dengan nyaman.***