JAKARTA - Manisnya kemenangan masih bisa dinikmati wakil tuan rumah di babak utama pekan kedua Combiphar Tennis Open 2019. Duet kakak beradik, David Agung dan Anthony Susanto sukses melewati babak pertama ganda turnamen tenis internasional berlabel ITF World Tennis Tour, Selasa (13/8/2019).

David-Anthony yang dipersiapkan untuk multi-event SEA Games 2019 di Filipina itu menyingkirkan pasangan alternates Aryan Goveas (India) dan Aaron Schmid (Swiss) di lapangan tenis The Sultan Hotel & Residence Jakarta.

Duo Susanto unggul melalui pertarungan super tie break berdurasi satu jam 33 menit dengan skor akhir 3-6 6-3 [14-12]. “Beruntung akhirnya bisa menang karena saya masih tampil ekstra hati-hati mengingat kondisi engkel kaki kanan yang belum sepenuhnya pulih,” tutur David yang hanya tampil di sektor ganda pada pekan kedua turnamen  berhadiah total 15.000 dollar AS atau sekitar Rp 210 juta ini.

Di perempat final, David/Anthony akan menantang unggulan keempat Hiroyasu Ehara/Sho Shimabukuro yang mengalahkan duet tuan rumah, Arief Rahman/Muhammad Althaf Dhaifullah 6-4 6-1.

Kemenangan juga menghampiri pasangan gado-gado Indonesia-Afrika Selatan, Justin Barki dan Ruan Roelofse. Unggulan ketiga itu sukses membekuk duet Korea Selatan, Seon Yong Han/Seong Gook Oh. Justin/Ruan menang straight set atas wakil Negeri Ginseng itu, 6-2 6-4.

Hasil positif itu menyemangati Justin Barki yang bakal melakoni partai perdana nomor tunggal, Rabu (14/8). Penerima fasilitas wild card tuan rumah itu bakal menantang Hiroyasu Ehara dari Jepang.

“Saya berusaha memanfaatkan peluang secara maksimal agar bisa melaju ke babak berikutnya,” tutur Justin, mahasiswa Universitas Princeton, AS ini.

Selain Justin, kubu Merah Putih masih memiliki Ari Fahresi di nomor tunggal. Petenis yunior asal Madura yang mendapatkan wild card babak utama itu akan menghadapi unggulan keenam dari Australia, Matthew Romios.

Sayangnya, Indonesia harus kehilangan salah satu andalan, Muhammad Rifqi ‘Tole’ Fitriadi. Anggota tim Pelatnas SEA Games 2019 itu harus mengakui keunggulan Manish Sureshkumar dari India. Tole kalah dalam laga rubber set berdurasi 2 jam 48 menit dengan skor akhir 6-7(9) 6-4 4-6.

Gugur di tunggal, Tole masih menyimpan asa di nomor ganda berduet dengan wakil Amerika Serikat, Bill Duo. Pasangan wild card ini akan meladeni ganda petenis muda, Phuong Van Nguyen (Vietnam) dan Kasidit Samrej (Thailand).

Hasil Selasa (13/8/2019)

Babak Utama

Tunggal :

Manish Sureshkumar (India) v M. Rifqi Fitriadi 7-6(9) 4-6 6-4

Ganda :

Anthony Susanto / David Agung Susanto v Aryan Goveas (India)/Aaron Schmid (Swiss) 3-6 6-3 [14-12]-4-Hiroyasu Ehara / Sho Shimabukuro (Jepang) v M. Althaf Dhaifullah/Arief Rahman 6-4 6-13-Justin Barki / Ruan Roelofse (Afrika Selatan) v Seon-Yong Han/Seong-Gook Oh (Korea Selatan) 6-2 6-4

Jadwal Rabu (14/8) :

Babak Pertama Tunggal :

Justin Barki v Hiroyasu Ehara (Jepang)Ari Fahresi v 6-Matthew Romios (Australia)

Babak Pertama Ganda :

M. Rifqi Fitriadi / Bill Duo (Amerika Serikat) v Phuong Van Nguyen (Vietnam)/Kasidit Samrej (Thailand). ***