PEKANBARU – Bukan hanya sekali, jalan di lokasi operasi PT Pertamina Duri, Bengkalis Riau, selalu dilintasi gajah. Terakhir, seekor gajah sempat menghadang pekerja yang melintas di jalan operasi di wilayah tersebut.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Hartono saat dikonfirmasi GoRiau.com, Sabtu (6/8/2022) mengatakan, peristiwa penghadangan oleh gajah yang sempat viral tersebut memang terjadi.

Dalam video yang beredar, tampak dua mobil beriringan melintas. Gajah itu awalnya berjalan pelan di pinggir jalan. Kemunculan gajah direkam oleh penumpang mobil yang berada di belakang.

Melihat gajah itu, mobil diberhentikan pengemudinya namun satwa bongsor yang dilindungi itu berjalan lambat mengarah ke mobil. Pengendara mobil mencoba mundur perlahan, namun, gajah itu terus mendekati mobil. Karena gajah tak mau menepi, kedua mobil terpaksa balik arah untuk menghindar.

"Dapat kami jelaskan, gajah yang terekam di video viral itu berjenis kelamin jantan dengan lokasi di jalan PT Pertamina Duri,'' jelasnya.

Gajah yang muncul itu merupakan satu dari kelompok gajah Sumatera yang ada di kawasan konservasi Balai Raja. Gajah tersebut memang sedang melintas di home range atau daerah jelajah gajah menuju kawasan Konservasi Giam Siak Kecil (GSK) Bengkalis.

''Jadi ini sudah sering terjadi, bukan sekali ini saja. Dan itu memang home range gajah. Jadi solusinya, jangan diganggu atau melakukan tindakan berbahaya bagi gajah,'' tutup Hartono. ***