TELUKKUANTAN - Sebuah truk harus putar balik saat hendak melewati pos penyekatan Kasang, Kamis (6/5/2021). Ia kedapatan membawa penumpang yang diduga sebagai pemudik. Pos ini terletak di jalan lintas Telukkuantan-Kiliranjao, perbatasan Riau - Sumatra Barat (Sumbar).

"Ada satu truk yang datang dari Sumbar kedapatan membawa penumpang. Karena tak bisa menunjukkan surat-surat dan kita menduga ini pemudik, maka truk kita minta untuk putar balik," ujar Ipda Irwan Fikri, Kanit Patroli Satlantas Polres Kuansing yang bertanggung jawab atas Pos Penyekatan Kasang.

Dikatakan Iwan, peniadaan mudik dimulai pada hari ini. Karena itu, pihaknya menjaga perbatasan dengan ketat. Dimana, mobil penumpang tidak boleh masuk dan keluar Kuansing.

"Ada beberapa mobil yang bisa lewat, terutama truk itu boleh asal mengangkut barang. Kalau bawa penumpang, itu sudah tak sesuai peruntukkannya. Maka, kami tindak tegas," kata Irwan.

Seminggu sebelum ini, Pos Kasang sudah aktif dan hanya masih sebatas pengetatan. Selama masa itu, sudah dilakukan sosialisasi dan beberapa kendaraan juga diminta untuk putar balik.

"Selama masa pengetatan, ada 64 roda empat yang putar balik ke arah luar Kuansing dan 24 unit mobil ke dalam Kuansing. Nah, hari ini pengendara sudah jauh berkurang. Lalu lintas sunyi. Dari pagi hingga siang, hanya dua unit mobil yang disuruh putar balik," ujar Irwan.

Posko Kasang dijaga 38 personil gabungan yang terdiri dari Polda Riau, Polres Kuansing, Satpol PP Riau, Satpol PP Kuansing, Dishub Provinsi Riau, Dishub Kuansing dan tenaga medis dua orang. Pos aktif selama 24 jam.***